alexametrics

Nasi Kebuli Ibu Aminah, Pakai 10 Jenis Rempah, Rasanya Nendang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Setiap berkunjung di setiap kota, kurang lengkap rasanya jika belum merasakan menu kulinernya. Di Kota Semarang, ada pilihan menu kuliner yang cocok buat sarapan pagi. Yakni, Nasi Kebuli Ibu Aminah Kampung Arab. Lokasinya di bilangan Jalan Petek, Dadapsari, Semarang Utara.

Nasi kebuli identik dengan bumbu rempah. Setidaknya ada 10 rempah yang diracik sebagai bahan campuran nasi kebuli.  Seperti jinten, lada, kemiri, merica, kolaka, ketumbar, dan lainnya.

Aminah mengaku sudah 15 tahun membuka usaha kuliner nasi kebuli ini. Resep nasi kebuli diperoleh dari orang tuanya secara langsung. “Ini resep turun-temurun dari keluarga. Sejak 2006, saya mencoba jualan di sini,” kata Aminah saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang.

Nasi Kebuli Ibu Aminah

Ia mengaku, tidak mengalami kesulitan mendapatkan bumbu rempah kuliner khas Timur Tengah tersebut. Sebab, Indonesia kaya akan bumbu rempah. Setiap hari, Aminah meracik bumbu kebuli dari 10 rempah pilihannya. Tak heran, rasa nasi kebuli buatannya begitu nendang. Bau khas nasi kebuli buatannya mengundang para penikmat kuliner untuk mencicipinya.

Baca juga:  Bertahan di Tengah Pandemi, Kini Punya Dua Cabang

Menu kuliner warna kuning itu dipadu semur telur dan daging kambing. Tak lupa ditambah topping bawang goreng, acar nanas, dan sambal merah yang menambah cita rasa nasi kebuli. Rempah jinten dan lada sangat terasa. Pun daging kambing terasa empuk, dan tak berbau apek. Betul-betul menggoda selera.

“Kalau nasi kebuli pakai daging sapi kurang pas, Mas. Lebih mantap pakai daging kambing. Teksturnya beda,” ujar wanita keturunan Gujarat ini.

Telur dibalut dengan bumbu semur yang begitu pekat dengan rasa gurih, manis, dan sedikit pedas membuat cita rasa semakin maknyuss.

Warung makan Nasi Kebuli Ibu Aminah buka mulai pagi pukul 06.00 sampai habis. Biasanya setiap hari Minggu pukul 09.00, nasi kebuli sudah ludes. Sedangkan di luar hari Minggu, biasanya sampai pukul 10.00.

Baca juga:  Tercipta Tanpa Sengaja, Begini Asal Usul Soto Gudangan Ungaran

“Tapi kalo habis, sekarang kita masak lagi. Soalnya kita juga melayani penjualan lewat online, baik Gofood maupun Grabfood,” katanya sambil membungkus nasi untuk pelanggan.

Untuk seporsi nasi kebuli lengkap dengan daging kambing, telur semur, dan acar nanas, dibandrol dengan harga Rp 23 ribu. Selain itu, pilihan lauk lain juga tersedia. Seperti daging sapi, dan daging ayam. (cr5/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya