alexametrics


Sudah Ada Sejak 1950, Ini Keistimewaan Bakmi Pangsit Tjek Siang Magelang

Kuliner-Kuliner Khas Kota Magelang yang Legendaris (6/bersambung)

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID – Bakmi pangsit Tjek Siang salah satu kuliner yang legendaris di Kota Magelang. Sejak tahun 1950 mi pangsit ini sudah dinikmati pelanggannya. Awalnya, Tjek Siang berjualan menggunakan gerobak keliling di sekitar Pecinan. Kemudian tahun 1996, pengelolaan mi pangsit diserahkan ke anaknya sampai tahun 2000.

“Jadi sampai sekarang mie pangsit Tjek Siang ini sudah generasi ketiga,” ucap Nilawati cucu Tjek Siang. Nilawati menceritakan perbedaan antara mi ini dengan lainnya. Bakmi yang disajikan buatan sendiri. Dalam sehari bakmi harus habis dan tidak bisa digunakan untuk hari berikutnya. “Jadi bakmi yang digunakan selalu baru,” ucapnya ketika ditemui di warungnya Jalan Kalingga, Rejowinangun Utara.

Sayuran pelengkapnya adalah bayam. Dengan tambahan pangsit rebus yang juga buatan sendiri. Nilawati tidak menyediakan saus. Ia menyediakan sambal khusus. Cita rasa khas mie pangsit Tjek Siang manis dan lembut. “Banyak pelanggan yang berkomentar kalau mi ini benar-benar lembut, berbeda dengan bakmi lainnya,” ujarnya.

Bakmi pangsit Tjek Siang

Nilawati mengaku untuk bahan dan resep yang digunakan dalam membuat bakmi selalu dijaga. Terutama resep yang digunakan tidak ada perubahan dari zaman kakeknya dulu. Apalagi pembuatan mi ini masih dilakukan manual tanpa menggunakan mesin. Tampaknya itu yang membuat mi tetap bertahan meski usianya sudah 71 tahun.

Mi pangsit ini mempunyai pelanggan tetap. Bahkan pelanggannya turun-temurun. Dari pelanggan kakek sampai cucu-cucunya. Ada tiga pilihan menu. Yakni bakmi kuah, bakmi kering, dan tahu bakso. Satu porsi mi pangsit dan tahu bakso harganya Rp 13.000. Ia menambahkan tahu baksonya berbeda dengan lainnya. Tahu bakso memakai kuah.

Setiap hari warungnya selalu buka. Satu hari bisa menjual 100 porsi mi pangsit atau sekitar delapan kilogram mi. (rfk/lis)

 

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer