alexametrics

Flora Wisata Banyukuning Bandungan, Suguhkan Pemandangan Alam dan Fun Edukasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Flora Wisata Banyukuning merupakan salah satu destinasi wisata anyar di Kabupaten Semarang. Wisata alam ini memiliki konsep taman dan edukasi yang menyenangkan.  Banyak wahana yang ditawarkan, tur jeep, wahana petualangan menunggang kuda, perkemahan, wahana bermain, kebun raya, buah anggur, dan pertanian.

Di tempat wisata ini juga terdapat ratusan taman bunga dengan berbagai jenis bunga dan tanaman. Flora Wisata Banyukuning terletak di kawasan dengan luas 7,5 hektar. Kini efektif dibangun untuk wahana wisata di atas lahan seluas 2,5 hektar.

Hanya membutuhkan 20 menit dari pusat keramaian Ambarawa atau 40 menit dari Ungaran. Saat masuk, pengunjung akan disambut dengan lima bangunan berbentuk kotak. Bangunan ini dibentuk menyerupai Candi Ratu Boko yang megah. Menjadi gerbang masuk tempat pembelian tiket dan toko koleksi pernak-pernik khas Desa Banyukuning.

Baca juga:  Menjelajah Puncak Telomoyo dengan Jeep

Flora Wisata Banyukuning mengusung konsep gardening dan botanical garden. Pristyono Hartanto, selaku Pengelola Flora Wisata Banyukuning mengklaim terdapat ratusan jenis tanaman. Memiliki banyak koleksi tanaman langka. Seperti tanaman jenis bodhi, kalpataru, dan baobab. Baobab dinilai unik dan memiliki makna mendalam. “Ada 12 pohon baobab sebagai simbol kehidupan, bagi kami warga Banyukuning,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Flora Wisata Banyukuning juga menyediakan Kolam Keceh. wahana Waterboom Mini dan Mini Zoo sebagai wahana interaktif. Botanical Garden, dimana pengunjung bisa menikmati suasana di bawah sembilan varietas tanaman anggur. “Pengunjung bisa ikut panen timun, selada, dan berbagai tanaman lain,” ujarnya

Flora Wisata Banyukuning memiliki banyak spot foto. Di antaranya Magic Stone, terinspirasi dari konsep yang sama di Las Vegas, Amerika Serikat. Berupa susunan batu berwarna-warni menjulang tinggi. Uniknya, batu sebenarnya terbuat dari selimut bekas, handuk bekas, dan sprei bekas. Ada juga taman batu dengan bongkahan batu besar. Ada 29 batu yang didatangkan dari Belanda. “Batu yang digunakan batu ballast dan lava rock. Batu-batu ini unik karena tidak pernah berlumut,” tambahnya.

Baca juga:  Nongkrong Asyik Ditemani “Jenderal” di Warung Kopi Wiratama

Tempat ini juga menyediakan tour adventure melewati hutan dengan mobil jeep. Ada juga Scooter Explore Banyukuning. Pengunjung bisa berkeliling Desa Banyukuning dengan skuter listrik. Fido, skuter listrik, dan ATV bisa disewa dengan Rp 15 ribu.

Di tengah terdapat resto dibangun membentuk piramida dengan warna kuning keemasan. Piramida ini terlihat ketika perjalanan menuju ke Banyukuning. Resto menyediakan berbagai makanan western, chinese, dan tradisional. Berbagai minuman pun tersedia. “Florawisata Banyukuning baru soft launching Agustus lalu. Jadi, masih terbilang fresh dan baru,” tambahnya.

Rencananya Flora Wisata Banyukuning akan resmi dibuka Februari 2023. Sementara, karena masih dalam tahap pembangunan, harga tiket masuk bisa dibanderol Rp 12 ribu. Pengunjung bisa datang setiap hari mulai pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. Desember nanti akan diadakan Banyukuning Night Spectacular. “Dengan menyuguhkan Flora Wisata Banyukuning saat malam dengan hiasan lampu dan pemandangan gemerlap cahaya dari kejauhan,” tambahnya. (mg18/mg20/ria/fth)

Baca juga:  Menikmati Pemandangan sambil Makan Jambu Sepuasnya

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya