alexametrics

Mengintip Pesona Gunung Ungaran via Perantunan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Perantunan adalah salah satu jalur pendakian Gunung Ungaran. Memang tak sepopuler jalur pendakian lainnya, seperti Gedong Songo maupun Mawar. Namun di jalur ini, ada satu objek wisata yang menawarkan pesona alam begitu epic. Lokasiya di camping ground Desa Gintungan, Bandungan.

Butuh waktu sekitar 35-45 menit dari Semarang maupun Salatiga. Bagi yang menggunakan mobil, wajib menitipkan di perkampungan warga. Sudah disediakan lahan parkir. Cukup bayar Rp 10 ribu. Menuju lokasi pelancong bisa menggunakan jasa ojek. Jarak tempuhnya hanya lima menit.

Pelancong bakal disambut udara pegunungan yang sejuk. Hamparan sawah membentang di sekeliling camping ground. View semakin manis dengan bunga mawar, bunga terompet dan lainnya. Camping ground ini mulai dibuka pada 2019 silam. Memiliki luas satu hektare. Muat untuk 400 tenda.

Baca juga:  Swing, Berayun dari Pohon Pinus Setinggi 15 Meter

“Biasanya kalau weekend sampai 150 lebih yang nge-camp di sini,” kata Dwi Purnomo selaku pengelola Wisata Perantunan.

Camping ground biasa disewa baik individu, komunitas, keluarga maupun sekolah. Jangan khawatir jika tidak memiliki alat perkemahan, karena pengelola menyediakan perlengkapan camping.

Bagi yang ingin camping maupun mendaki, dikenakan tarif Rp 15 ribu per-orang, selama 24 jam. Sejak pandemi, kapasitas tenda hanya bisa digunakan untuk satu orang. Biasanya dua orang.

Bagi kalian yang ingin ke sana, wajib disiplin protokol kesehatan. Jam operasional wisata Perantunan ketika weekends dibuka 24 jam, dan weekdays buka mulai pukul 06.00 hingga 24.00.

Tak hanya pesona camping ground yang memanjakan mata dengan view Gunung Ungaran saja, Perantunan juga menyediakan tempat bermain untuk anak seperti beberapa ayunan, dan tersedia juga rumah liliput yang menjadikan spot favorit pelancong berswafoto. Beberapa fasilitas juga sudah sangat memadai, seperti kamar mandi, musala, dan beberapa warung. (mg16/mg20/zal)

Baca juga:  Daringan Kesongo Culture, Padukan Wisata Kuliner, Edukasi, dan Air

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya