alexametrics

Spot Foto Menawan dari Hamparan Pohon Pinus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Hamparan pohon pinus terbentang di sepanjang jalan menuju Dusun Kragilan, Pakis, Kabupaten Magelang. Sudah lima tahun kawasan itu dijadikan tempat wisata yang menawarkan spot foto menarik. Pengelola menamakannya Top Selfie.

Pohon pinus yang tumbuh lebat dan berjajar rapi menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah suasana pedesaan yang asri di kaki Gunung Merbabu semakin menggugah minat pengunjung untuk mengabadikan foto terbaiknya. Beberapa pengunjung asyik berfoto dengan latar belakang hutan pinus.

“Pemandangannya bagus untuk ambil foto. Sesuai di Instagram. Saya jauh-jauh dari Demak karena penasaran,” kata Musabihin, salah satu pengunjung Top Selfie. Ia mengatakan sudah lama ingin berkunjung ke Top Selfie namun terkendala Covid-19,  sehingga baru bisa sekarang.

Baca juga:  Menikmati Nuansa Timur Tengah di Kawasan Tugu Muda

Tidak ada yang mengira hutan pinus di wilayah Kragilan akan menjadi objek wisata. Hutan pinus tersebut hanya dibiarkan begitu saja, karena merupakan milik Taman Nasional Gunung Merbabu. “Awalnya saya iseng-iseng foto di sekitar jalan hutan pinus, kemudian diupload ke media sosial. Ternyata banyak yang tanya karena dinilai bagus,” ujar Subiyanto, koordinator objek wisata Top Selfie.

Pengunjung berfoto di objek wisata Top Selfie dengan latar belakang hutan pinus. (LUQMAN SULISTIYAWAN & DOK SUBIYANTO)

Top Selfie pun ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak pengunjung yang datang meski belum dijadikan objek wisata pada 2015. Hingga akhirnya tahun 2018 ada kerja sama antara warga Kragilan dengan Taman Nasional Gunung Merbabu. Mengelola kawasan tersebut secara bersama sebagai objek wisata. Termasuk mulai menarik biaya tarif masuk bagi pengunjung.

Baca juga:  Menatap Semarang dari Atas Gombel

Kata Subiyanto, sebelum pandemi Covid-19 dalam sehari rata-rata ada sekitar 300 pengunjung. Kebanyakan dari wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta. Ada juga yang dari luar Jawa. Saat pandemi Covid-19 Top Selfie pun sempat tutup hampir 7 bulan. Buka kembali di bulan Agustus 2020. Saat ini rata-rata hanya dikunjungi 100 orang per hari.

Karena pemandangan di objek wisata Top Selfie  yang cukup ciamik, beberapa kali digunakan untuk syuting film. Beberapa artis terkenal pernah berkunjung ke sana. Seperti Dimas Anggara, Boy William, Tukul Arwana. “Artis yang datang biasanya sekalian untuk syuting,” kata Subiyanto.

Di Top Selfie, juga disediakan banyak tempat duduk dari kayu. Berada sekitar hutan pinus. Selain digunakan untuk berfoto, juga bersantai sembari merasakan udara sejuk khas pegunungan. Jika pengunjung belum puas, disediakan beragam spot foto menarik berbayar yang berada di luar hutan pinus.

Baca juga:  Menikmati Kopi di Bangunan Kuno Tengah Kebun Karet

Untuk masuk ke Top Selfie pengunjung dikenakan biaya Rp 10 ribu di hari biasa. Sementara akhir pekan Rp 12.500. Objek wisata ini buka mulai dari pukul 07.00 pagi sampai 17.00. (man/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya