alexametrics

Segarnya Berenang di Air Sejernih Kaca, Sendang Maren

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID-Gemercik air jernih pegunungan terdengar jelas ketika berkunjung ke Sendang Maren, di Dusun Semaren, Sawangan, Kabupaten Magelang. Suasananya asri dengan pepohonan besar di sekitarnya.

Awalnya Tak banyak orang yang tahu tentang Sendang Maren karena memang tidak terkonsep sebagai wisata.  Sendang tersebut dikelola oleh PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Magelang. Digunakan sebagai sumber mata air untuk beberapa wilayah di Kabupaten Magelang. Oleh warga sekitar sejak dulu digunakan mandi dan berenang.

Belakangan setelah viral di media sosial beberapa orang dari luar kota bahkan luar provinsi datang ke Sendang Maren. Mereka penasaran dengan sensasi berenang di sendang yang dikatakan airnya sejernih kaca itu.

“Dulu sebelum pandemi banyak orang yang datang dari berbagai daerah untuk berenang terutama saat hari libur. Karena banyak diposting di media  sosial,” ujar Nurdiyanto warga Dusun Semaren.

Baca juga:  Penginapan Korea Ini Cocok Banget Buat Kalian yang Mau Healing

Karena berada di bawah naungan PDAM, masyarakat sekitar pun tidak bisa mengembangkannya sebagai wisata desa. Pengunjung tidak dikenakan tarif masuk sendang. Hanya membayar parkir kendaraan yang dikelola oleh warga sekitar.

Nurdiyanto yang juga pegawai di Keluruhan Sawangan menceritakan, dari pemerintah desa pernah mengajukan Sendang Maren sebagai wisata desa ke PDAM Tirta Gemilang. Mereka juga berencana mendirikan beberapa bangunan di sekitar sendang, namun tidak mendapat persetujuan, sehingga mengurungkan niatnya tersebut.

Meski begitu warga Dusun Semaren tetap ikut membersihkan lokasi sendang maupun menata tempat parkir untuk pengunjung yang datang. Kata Nurdiyanto air di Sendang Maren tidak pernah surut meski kemarau. Ketinggian air di Sendang Maren kurang lebih 2 meter. Kata Nurdiyanto para pengunjung dari luar daerah biasanya berfoto di dalam air yang jernih sambil membawa beragam properti.

Baca juga:  Penari di Kampung Menari

“Para pengunjung dari luar daerah senang kalau berenang di sini. Airnya sangat jernih, sampai bebatuan yang ada di dasar sendang pun kelihatan karena saking jernihnya. Saat ini pun warga Dusun Semaren juga masih banyak yang mandi di sendang,” katanya.

Sementara itu Jamat, warga Dusun Semaren yang lain mengaku hampir setiap hari mandi di sendang karena membuat badannya segar. Meskipun sebenarnya di rumah ada kamar mandi. “Kalau mandi di sendang rasanya lelah sehabis bekerja di sawah hilang,” ujarnya. Ia menuturkan sejak kecil sering mandi di sendang itu.

Namun di tengah pandemi Covid-19 Sendang Maren masih ditutup untuk pengunjung dari luar dusun. Saat ini hanya warga Semaren yang diizinkan mandi dan berenang. Kata Jamat, apabila situasi sudah kondusif dan angka Covid-19 sudah menurun warga sekitar akan kembali membuka Sendang Maren untuk umum. (cr2/lis)

Baca juga:  Menjelajah Puncak Telomoyo dengan Jeep

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya