alexametrics

Menikmati Matahari Terbit di Posong

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pergi ke Temanggung rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi wisata alam Posong. Berada di kaki Gunung Sindoro, tempat wisata ini dianggap sebagai ikon wisata di kabupaten berjuluk kota tembakau tersebut.

Posong berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Berada di ketinggian sekitar 1400 mdpl, menawarkan pemandangan menakjubkan. Keindahan golden sunrise yang muncul di deretan tujuh puncak gunung: Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran serta Merapi. Semburat jingga keemasan akan memanjakan mata yang memandang. Untuk bisa menikmati itu pengunjung harus datang pagi-pagi. Sekitar pukul 04.30.

Hamparan hijau perkebunan tembakau dan kopi di sepanjang perjalanan menuju lokasi akan menyegarkan mata. Jalan menuju lokasi sepanjang 3,5 km dari pintu masuk masih berbatu-batu yang tertata. Wisata yang mulai dibuka tahun 2009 ini sekarang lebih lengkap fasilitasnya. Ada taman asri dengan spof-spot foto yang instagramable.

Baca juga:  Nongkrong Asyik Sambil Menikmati Suasana dari Atap Langit

“Kita sediakan berbagai spot kekinian yang dipadukan dengan suasana alam, sehingga bagus untuk tempat foto,” ujar Fasiin koordinator pengelola wisata alam Posong.

Menurut Fasiin wisata Posong ramai pengunjung, terutama pada akhir pekan. Pada hari biasa sekitar 120 pengunjung. Sementara di akhir pekan bisa tembus 1.000 pengunjung, meskipun di musim pandemi Covid-19 ini mengalami penurunan. “Kami buka mulai pukul 04.00 pagi di hari biasa dan pukul 03.00 pagi di akhir pekan. Untuk pengunjung yang ingin menginap kami juga sediakan lahan untuk camping ataupun fasilitas penginapan berbentuk tenda,” ujarnya.

Sambung Fasiin, beberapa artis pernah berkunjung ke Posong. Seperti Duta Sheila On 7, penyanyi cantik Raisa. Kemudian Anang Hermansyah dan Atta Halilintar. Untuk bisa masuk ke wisata alam Posong, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 20.000, sebanding dengan keindahan dan kesan yang disuguhkan. Fasiin mengatakan meskipun sekarang sudah terkenal dan ramai pengunjung, pengelola akan tetap melakukan pengembangan agar semakin menarik.

Baca juga:  Menikmati Kejernihan Telaga Bedakah

“Rencananya ke depan kita akan menambahkan taman serta memperlebar jalan menuju lokasi wisata,” ujarnya. Ia menuturkan, selama pandemi Covid-19 wisata alam Posong memperhatikan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan). Disediakan sabun dan tempat mencuci tangan.

“Kami mewajibkan pengunjung untuk cuci tangan dan pakai masker. Selain itu kami pakai sistem pembatasan pengunjung secara bergantian. Supaya tidak menciptakan banyak kerumunan,” pungkasnya. (cr2/lis)

Di tempat wisata tersebut juga ada taman yang menawarkan spot-spot selfie. Dan tenda-tenda bagi yang ingin camping. (Posong For Jawa Pos Radar Semarang)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya