Surga Tersembunyi Bernama Pantai Indah Kemangi

240
EKSOTIS: Pengunjung Pantai Indah Kemangi sedang bersantai menikmati pemandangan sekitar pantai. (RIYANFADLI)

RADARSEMARANG.ID – BAK surga tersembunyi, eksotisme Pantai Indah Kemangi masih jarang dijamah wisatawan. Hal itu disampaikan Slamet Riyadi, warga setempat yang kebetulan sedang menikmati suasana pagi hari di pantai.

Terletak di pesisir jalur Pantura, tepatnya di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, pantai ini sedang dirintis menjadi alternatif objek wisata di Kabupaten Kendal.”Pantai ini bagaikan surga yang tersembunyi. Masih jarang yang tahu tempat ini, hanya warga sekitar saja,” ujar pria 23 tahun itu pada Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (27/10).

Hitamnya pasir pantai, ditemani deru ombak yang tenang membuatnya nyaman berlama-lama di sana. “Pantainya cocok buat berenang karena airnya tenang, tapi saya sedang tidak bawa baju ganti. Jadi ngobrol santai saja bareng teman-teman,” kata Slamet sembari bergurau dengan temannya.

Ahmad Romadhon, pengunjung lain menuturkan selain keindahannya, tidak ada biaya masuk menuju Pantai Indah Kemangi. Alias gratis. Pria 39 tahun itu berkunjung bersama istri dan ketiga anaknya. Ketiga anaknya terlihat asik bermain pasir di tepi pantai.

“Lihat lautnya bagus, airnya tenang. Pantainya juga bersih, tidak ada sampah. Selain itu kan dulu pernah ada biaya masuk Rp 2.000, sekarang gratis lagi,” kata warga Dukuh Kemejing, Jungsemi itu.

Walaupun masih baru, terdapat beberapa fasilitas penunjang yang semakin menambah daya tarik pantai itu. Lima gazebo bergaya klasik berukuran sedang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai. Selain itu, disediakan pula mushola dan kamar mandi untuk pengunjung.

Akses menuju lokasi juga nyaman untuk dilalui, tidak akan ditemui jalan rusak. Jaraknya juga cukup dekat dengan pusat kota, hanya 30 Menit.  Jika dari pusat Kota Kendal, pengunjung bisa menuju arah Barat ke Kecamatan Cepiring. Patokannya ada di kantor Kecamatan Cepiring, setelah sampai kita bisa ambil arah Utara.

Saat menjumpai perempatan jalan, belok ke arah Barat hingga pertigaan Pasar Kangkung. Kemudian ambil arah menuju Desa Karangmalag, ikuti jalan hingga Desa Jungsemi sampai menemukan plang menuju Pantai Indah Kemangi. Hamparan ladang persawahan akan menemani perjalanan kita, hingga gapura besar bertuliskan Pantai Indah Kemangi.

Selain cocok untuk rekreasi keluarga, Pantai Indah Kemangi juga biasa dimanfaatkan untuk kegiatan outbound. Seperti yang dilakukan Elma Zuliyanti, 18, ia sedang menggelar kegiatan Penerimaan Tamu Penggalang MTS Karangmalang di pantai.“Ini pramuka sering kegiatan di sini. Pernah juga Banser, dan lain-lain,” kata Elma, pelajar asal Desa Karangmalang, Kecamatan Kangkung.

Di pantai itu terlihat pula cemara-cemara kecil yang sedang tumbuh, Menurut Elma cemara itu nantinya akan membuat pantai lebih indah dan nyaman untuk kegiatan outbound.“Kalau siang panas juga sih, ini pohon cemara masih kecil-kecil,” ujarnya. (Riyan Fadli/bas)