alexametrics

Layanan Cloud Telkomsigma Atasi Kompleksitas dan Tantangan Digitalisasi Industri Healthcare

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Jakarta–Kompleksitas ekosistem, data, dan proses bisnis operasional di industri healthcare menjadi tantangan yang perlu dihadapi. Kondisi ini mendorong diperlukannya suatu sistem dan tata kelola berbasis teknologi yang dapat membantu industri ini menuju pembangunan kesehatan yang berkelanjutan, serta meningkatkan performa layanan kepada masyarakat.

Karena itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memberikan dukungan infrastruktur teknologi cloud pada sistem Satu Data Kesehatan. Hal ini didukung oleh keberadaan eyeball terbesar dan jaringan multi-backbone Telkom. Keunggulan tersebut menjadikan layanan cloud Telkomsigma mampu menjalankan fungsi self-service automation, optimization, analytic, sekaligus cloud brokerage untuk penggunanya.

Dari segi adopsi model cloud, sistem Satu Data Kesehatan menggunakan model private cloud yang dilengkapi dengan infrastruktur dan PaaS yang tersedia baik dari segi skalabilitas dan keandalan layanan.

Baca juga:  Leap-Telkom Digital Luncurkan Program Beasiswa Pijar Camp

Pengembangan platform aplikasi cloud-native juga dilakukan pada Satu Data Kesehatan untuk memastikan active-active solution sehingga mendukung adopsi cloud secara end-to-end. Begitu juga dengan migrasi layanan IaaS dan aplikasi menuju cloud dapat dilakukan melalui layanan cloud manage & professional services.

Seluruh kapabilitas dari portofolio cloud Telkomsigma diimbangi dengan terpenuhinya aspek compliance dan standar keamanan data dalam operasi data center, cloud security, cloud platform layer, hingga aplikasi.

Dorong Akselerasi Digitalisasi Healthcare

Solusi cloud dinilai menjadi jawaban atas kebutuhan digitalisasi dalam ekosistem kesehatan yang sangat kompleks. Cloud pun menjadi kunci sukses yang dapat memenuhi kriteria digital dengan cara yang efektif tanpa melupakan aspek efisiensi dan juga fleksibilitas.

Baca juga:  Tiketapasaja.com by Melon Indonesia Kini Resmi Jadi Distributor Penjualan Tiket WSBK Mandalika

Kontribusi Telkomsigma dalam program Satu Data Kesehatan diwujudkan melalui tercapainya percepatan digitalisasi healthcare di Indonesia terutama dalam proses penanganan Covid-19 melalui program Satu Data Vaksin dan PeduliLindungi.

Melalui layanan cloud, pengelolaan data kesehatan dengan volume yang sangat besar juga menjadi lebih ringkas dan cepat. Dengan begitu, implementasi cloud pada sistem Satu Data Kesehatan juga berimbas positif pada efektivitas kinerja operasional yang kompleks.

Dari sudut pandang konsumen dan masyarakat pun, implementasi cloud juga akan berdampak pada perbaikan indeks customer experience dan service excellence melalui keberadaan platform digital dan aplikasi terintegrasi yang siap beroperasi secara real-time, always on, dan fleksibel. (ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya