alexametrics

8 Cara Hemat Merawat Laptop Tanpa Service

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID-Menggunakan laptop memang bisa mempermudah seluruh aktivitas seperti misalnya mempercepat proses penyelesaian tugas dan lainnya. Namun cara perawatan laptop agar bisa tetap digunakan juga harus selalu diperhatikan misalnya seperti berikut.

Menggunakan stabilizer listrik

Stabilizer listrik pada dasarnya merupakan sebuah alat yang dapat berfungsi untuk menjaga arus agar arus tersebut bisa tetap stabil. Jadi laptop tidak akan sampai rusak sekalipun mungkin arus listrik naik dan turun sewaktu-waktu.

Dengan menggunakan stabilizer maka pekerjaan Anda jadi lebih lancar karena tak akan ditemui berbagai kendala atau hambatan.

Menggunakan tas penyimpanan yang tepat

Membawa laptop biasanya dilakukan dengan menggunakan tas tertentu dan tentunya hal ini bertujuan agar dapat lebih mudah membawanya. Namun memilih tas untuk membawa laptop harus dilakukan dengan tepat dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Baca juga:  Peluang Bisnis setelah Penataan Frekuensi

Pilihlah tas yang memang dirancang atau didesain secara khusus agar dapat membawa laptop dengan baik dan tepat sehingga laptop selalu aman.

Membersihkan laptop secara berkala

Kebersihan laptop juga harus selalu dijaga sehingga perawatan kebersihan laptop ini harus selalu dijaga. Memang segala macam benda harus selalu dijaga kebersihannya terutama peralatan berteknologi seperti halnya perangkat laptop yang memiliki banyak manfaat.

Jika laptop kotor dan tidak pernah dibersihkan maka bisa saja lebih cepat rusak sehingga tidak awet.

Menyalakan laptop tidak terlalu lama

Menyalakan laptop juga sudah tentu haruslah diperhatikan agar laptop jangan sampai menyala dalam waktu yang cukup lama. Terlebih lagi hindarilah penggunaan laptop secara nonstop agar laptop tidak mudah rusak.

Sebuah laptop yang menyala terus-menerus dan dalam waktu yang lama akan mengalami overheat sehingga daya tahan laptop tersebut bisa saja makin berkurang.

Baca juga:  Kesiapan Isuzu dan Bahan Bakar dalam Implementasi Kebijakan EURO IV pada Mesin Diesel 

Tidak menjalankan aplikasi berat

Perhatikan dengan lebih jelas mengenai spek yang ada pada perangkat laptop milik Anda sebab spek nantinya berhubungan dengan penggunaan aplikasi. Untuk laptop yang memang memiliki spek tergolong tidak tinggi maka sebaiknya hindarkan dari proses pengunduhan aplikasi yang tergolong berat sehingga laptop tidak akan cepat panas dan tidak akan cepat rusak.

Hindarkan laptop dari barang berat

Jangan sampai meletakkan barang dengan beban yang tergolong berat di atas laptop sebab hal ini bisa merusak laptop. Bisa saja barang yang kita letakkan di atas laptop akhirnya merusak layar laptop.

Atau bisa juga suatu barang berat yang diletakkan di atas laptop merusak komponen sehingga laptop tidak bisa dioperasikan.

Segera isi baterai sebelum 0%

Baterai laptop yang menunjukkan 20% biasanya memberikan tanda agar proses charge atau pengisian baterai segera dilakukan. Jadi mengisi baterai laptop sebaiknya dilakukan sesegera mungkin sebelum baterai kosong.

Baca juga:  5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Hang pada Laptop

Jangan sampai pengisian baterai dilakukan setelah laptop mati karena bateri kosong atau 0% sebab hal ini bisa membuat umur baterai tidak tahan lama.

Gunakan alas yang datar

Pada saat laptop menyala maka seluruh piranti yang ada pada laptop akan menyala pula secara otomatis tepatnya dengan cara berputar. Oleh karena itu meletakkan laptop haruslah di tempat yang datar agar seluruh piranti bisa bekerja atau berputar dengan normal dan lancar tanpa menggores komponen lain di sekitarnya.

Seluruh cara yang telah disebutkan di atas bisa menjadi tips terbaik dalam merawat laptop. Sudah tentu laptop yang terawat akan tetap dapat digunakan dan dioperasikan dengan baik. (web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya