alexametrics

Jangan Kaget! Besok, 4 Januari 2022 OS BlackBerry Mati, Tidak Bisa Digunakan Lagi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID-Masih punya BlackBerry? Jangan kaget, dalam beberapa jam ke depan, hampir semua ponsel merek BlackBerry tak akan bisa digunakan lagi.

Akan jadi akhir era ponsel yang dulu jadi raja pasar telepon genggam dunia.

Dalam situs resminya, BlackBerry mengumumkan bahwa semua ponsel yang menggunakan sistem operasi (OS) BlackBerry tak akan bisa digunakan lagi per 4 Januari 2022.

Ini artinya, pemilik perangkat dengan OS BlackBerry tidak bisa lagi melakukan panggilan, mengirim SMS, menggunakan Wi-Fi, mengakses data seluler, dan tentu menggunakan fitur BlackBerry Messenger (BBM).

“Mulai tanggal tersebut, perangkat yang menjalankan layanan dan perangkat lunak lawas ini melalui operator atau koneksi Wi-Fi tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk untuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1,” kata BlackBerry lewat laman resminya sebagaimana dikutip dari Trusted Reviews, Minggu 2 Januari 2022.

Baca juga:  Tak Beroperasi Sejak Pandemi, Perahu Arung Jeram Dimakan Tikus

Penghentian OS ini berlaku pada semua perangkat yang menggunakan OS Blackberry seperti Blackberry 7.1 dan versi yang lebih lama; BlackBerry 10; serta BlackBerry PlayBook OS 2.1 berbasis tablet dan versi yang lebih lama.

Sementara itu, hal tersebut tak akan berpengaruh bagi pemilik ponsel BlackBerry dengan sistem operasi Android. Ponsel dengan kriteria semacam itu sangat sedikit di dunia, yang salah satu di antaranya adalah BlackBerry Priv 2017.

Kabar penghentian sistem operasi BlackBerry ini sebenarnya bukan informasi yang mengejutkan.

Sebab, perusahaan BlackBerry telah mengumumkan sejak setahun lalu bahwa mereka sudah menyelesaikan transisi perusahaan menjadi korporasi perangkat lunak. (ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya