alexametrics

Waspada Kejahatan Phising, Begini Cara Menghindarinya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Pada era yang serba digital sekarang ini hampir semua orang mempunyai akun media sosial maupun bank yang penting untuk kehidupan sehari – hari. Namun tidak sedikit juga banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan media sosial untuk kegiatan menipu pengguna seperti phising.

Apa itu Phising?

Phising merupakan kegiatan menipu korban untuk memberikan data pribadi penting dengan menggunakan email atau website palsu yang tampak meyakinkan. Korban akan diminta mengisi data diri (username dan password atau data lainnya) dengan modus yang mengaku sebagai pihak atau institusi yang berwenang dan kemudian melakukan aksi penipuan.

Cara Mencegah Phising?

Dengan seiring berkembangnya jaman kita tidak bisa lepas dari penggunaan internet namun kita juga perlu memperhatikan langkah kita saat berselancar agar terhindar dari kejahatan di internet. Berikut beberapa cara agar terhindar dari kejahatan Phising.

  1. Cek Selalu Siapa Pengirim Email
Baca juga:  IndiHome Luncurkan Series Musikal Anak ‘Murid Terbaik’ di Channel IndiKids

Email Phising merupakan modus yang paling sering digunakan. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna harus lebih teliti ketika tiba tiba menerima email tagihan maupun perubahan informasi akun.

Periksa email tersebut jangan hanya dari namanya tetapi periksa juga bagian domain email dan footer email tersebut. Email resmi pasti menggunakan domain asli website tersebut dan bukan domain palsu dengan nama yang mencurigakan.

Sebagai contoh email berikut memiliki domain nama yang mencurigakan dan tidak memiliki footer resmi dari aslinya, email tersebut juga meminta kita untuk mengisi data diri dengan membuka tautan di bawahnya.

  1. Tidak Asal Membuka Tautan yang Ada

Walaupun anda mendapat email phising tapi anda bisa menghidarinya dengan cara mendiamkan dan tidak asal membuka link yang disertakan pada email tersebut. Periksa keaslian alamat dan tidak panik dalam bertindak.

  1. Lakukan 2 Factor Authentication
Baca juga:  Telkom Gandeng PWNU Jateng Kembangkan Ekosistem Digital

Selalu gunakan 2 Factor Authentication (2FA) jika ada guna untuk mengantisipasi adanya kebocoran data. 2FA ini berfungsi untuk melakukan verifikasi 2 langkah yaitu dengan cara memasukkan password dan juga konfirmasi menggunakan ponsel anda.

  1. Selalu Perhatikan Riwayat Login Akun

Hampir semua website terkenal memiliki riwayat login jadi jika ditemukan akses login yang bukan anda maka segeralah ganti password akun anda agar tidak bisa diakses oleh orang lain.

  1. Waspadai Website yang Diakses

Periksa alamat website yang diakses pastikan itu adalah website asli dengan memperhatikan struktur URL web tersebut, situs web dengan URL HTTPS umumnya lebih aman karena menyediakan otentikasi dan pertukaran informasi yang terenkripsi.

Baca juga:  Telkom Luncurkan Versi Terkini myIndiHome, Berikan Kemudahan Pelanggan Kelola Layanan

Setelah memastikan URL lakukan juga pencarian di situs pencarian jika dirasa website tersebut masih diragukan keasliannya, maka dengan melakukan pencarian pada mesin pencarian kita dapat menemukan apakah website tersebut asli karna website yang asli akan banyak digunakan oleh karna itu akan muncul di pencarian paling atas. (mg28/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya