5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Hang pada Laptop

717
Sumber: laptopnesia

RADARSEMARANG.ID, Pernah gak sih kamu membayangkan ketika sedang fokus mengerjakan skripsi yang sudah mendekati deadline, namun tiba-tiba laptop atau komputer jadi hang? Pasti kesal banget, ya? Apalagi waktu, tenaga dan keringat yang sudah terbuang untuk menyelesaikan nya terasa sia-sia. Sebelum semua itu terjadi ada kalanya kita mencegah daripada mengobati. Tapi kamu harus tahu terlebih dahulu asal mula kenapa laptop kamu bisa hang atau lemot. Kita akan memberikan tips ini agar laptop tidak hang tiba tiba tanpa kita duga sebelumnya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

1. Memperhatikan RAM pada laptop

Sumber : arena laptop

RAM yang memiliki kapasitas kecil berpotensi menjadi hang. Biasanya orang awam tidak melihat spesifikasi laptop yang dimiliki saat menginstall aplikasi yang menarik, akibatnya laptop tersebut tiba-tiba menjadi hang. Cara mengatasi Ram laptop yang kecil pilih aplikasi yang sesuai kebutuhan saja atau menggunakan aplikasi portable.

 

2. Jangan menaruh laptop di atas kasur

Sumber:idntimes

Menggunakan laptop di kasur umumnya sering dilakukan oleh banyak orang, karena bisa mengoperasikannya sambil rebahan di atas kasur. Namun sebaiknya jangan melakukan hal itu ya, walaupun mengerjakan di atas kasur terlihat nyaman dan empuk. Karena hal tersebut dapat membuat laptop menjadi panas dan cepat rusak. Menaruh laptop diatas kasur akan membuat sirkulasi udara keluar tertahan oleh badan kasur yang tidak rata. Sehingga hal ini menyebabkan udara panas berputar masuk kembali ke dalam dan dapat membuat harddisk pada laptop terguncang. Jadi alangkah baiknya menggunakan laptop pada permukaan yang datar, ya!

 

3. Mengaktifkan anti virus

Sumber :utopicomputer

Bagi pengguna pc atau laptop salah satu hal yang paling menjadi perhatian utama adalah keamanan perangkat dari serangan virus-virus nakal. Untuk hal tersebut maka diperlukan antivirus sebagai pencegahan. Tapi disarankan untuk kamu jangan menginstall antivirus yang berlebihan, karena itu akan menjadi tidak efektif untuk pc atau laptop.

 

4. Terlalu banyak program yang berjalan

sumber : Acer Indonesia

sumber : Acer Indonesia

Semakin banyak program yang berjalan semakin banyak RAM yang terpakai, alhasil laptop atau pc kamu akan hang secara tiba tiba. Bila kamu pengguna windows bisa menggunakan task manager untuk menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan. Tekan CTRL+SHIFT+ESC. Aplikasi yang berjalan akan tertera pada kolom Apps, pilih aplikasi yang akan dihentikan secara paksa, lalu klik kanan pada mouse lalu pilih end task. Nah, coba perhatikan setelah kamu melakukan end task, keterangan persentase pada RAM akan berkurang.

5. Jangan lupa selalu membersihkan cooling fan pada laptop

sumber : Acer Indonesia

Shopee Indonesia

Menempelnya debu pada cooling fan bawaan dapat menyebabkan laptop kamu menjadi overheat, karena tersumbatnya sirkulasi udara panas yang berasal dari dalam. Semakin lama pemakaian laptop kamu, maka semakin sering pula udara yang menghembus dari dalam. Dan info juga nih guys, jangan sekali – kali kamu meniupnya karena debu halus akan masuk ke dalam laptop. Untuk itu kamu harus rajin membersihkannya ke tukang servis laptop langganan kamu atau menggunakan vakum mini yang khusus. Saat ini sudah banyak dijual di tempat aksesoris laptop manapun.

6. Selalu mengecheck driver

Sumber: golepi.com

Tidak ada salahnya kalau kamu selalu check driver pada laptop apakah sudah ada versi yang baru atau belum. Kamu bisa upgrade dengan software driver booster. Karena driver juga merupakan komponen yang penting dalam laptop. Tanpa driver laptop tidak dapat mengoperasikan software apapun.

 

Itulah tips ampuh agar laptop milikmu bisa terhindar dari hang. Kamu bisa mengikuti langkah langkah diatas untuk menghindari laptop menjadi hang secara tiba-tiba. Semoga setelah mengikuti langkah langkah diatas laptop kesayanganmu bisa terhindar dari hang ya, guys!. (ap)