Meningkat, Penjualan Elektronik Jelang Idul Fitri

697
PRODUK BARU: Masyarajat sibuk mencara priduk elektronik terbaru untuk hadiah Lebaran. (tya/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Libur Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriyah menjadi momentum bagi upaya pemerataan ekonomi dari masyarakat kota ke daerah. Memasuki liburan Idul Fitri jumlah pemudik diperkirakan mencapai 20 juta orang. Terjadi perputaran uang yang besar dari pergerakan para pemudik.

Praktisi bisnis ritel elektronik yang juga Managing Director Global Elektronik, Gouw Andy Siswanto, Senin (3/6) mengemukakan, Lebaran selalu berdampak pada peningkatan konsumsi rumah tangga dan konsumsi rumah tangga adalah sumber utama pertumbuhan. Sebab, para pemudik akan merogoh kocek dalam-dalam untuk perjalanan mudik dan berlebaran di kampung halaman.

“Merogoh kocek dalam-dalam bukan hanya untuk pemudik, tapi mereka juga membelanjakan uangnya untuk berbagai kebutuhan hari raya Idul Fitri. Antara lain, membeli barang-barang elektronika untuk keperluan pemakaian dirumah, dihadiahkan pada orang tua, saudara atau kerabat,” jelasnya.

Sebenarnya perputaran uang Lebaran terasa makin kencang pasca pemerintah memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan. “Perputaran uang yang tinggi turut mendongkrak penjualan elektronik di Pameran HomeTech 2019. Penjualan audio-video, digital home appliances, kitchen appliances, small appliances mengalami pertumbuhan sebesar 40 persen,” kata Harwiyono, Ketua Harian penyelenggara pameran HomeTech 2019.

Untuk memberi kesempatan pada masyarakat mendapatkan elektronik, pameran HomeTech 2019 ke-44 kalinya diperpanjang hingga Senin( 17/6). Tujuannya untuk memberi kesempatan masyarakat , mendapatkan “harga pameran” di Global Elektronik Semarang, jelas Harwiyono.

Samsung menggelar promo cashback berupa “Saldo Go Pay” hingga Rp 1 juta. Untuk pembelian TV Samsung seri RU dan NU ukuran 43 inci, 50 inci dan 55 inci, Samsung memberikan cashback Rp. 400 ribu – Rp. 1 juta. Beli TV seri J ukuran 40 inci, 43 inci, dan 49 inci, dapat cashback Rp. 150 ribu hingga Rp.400 ribu. Customer akan menerima email bila sudah melakukan redemtion online.

Program penjualan dan penawaran paling menarik adalah Hadiah 50 paket umrroh dari Sharp. Selain itu banyak prigram hadiah digelar. Seperti promo cashback dati Sony untuk produk TV, promo TV berupa cashback mulai Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta, untuk pembelian TV ukuran 65 inci. Promo TV Model baru berupa cashback Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta untuk pembelian TV ukuran 49, 55, dan 65 inci dan Original Promo periode sampai 17 Juni 2019 berupa cashback Rp. 200 ribu hingga Rp. 500 ribu untuk pembelian TV berukuran 32 inci hingga 85 inci. Masih banyak promo menarik lain di pameran HomeTech 2019, promo heboh merek SONY lainnya gratis PS4 Pro, Soundbar, DVD Player dan Microphone plus free gif, selama persediaan masih ada.

“Ayo kunjungi pameram kami dan bawa pulang haduahnya,” jelas Harwiyono. (tya/svc/ap)