alexametrics

Jelang Indonesia Vs Thailand, Shin Tae-yong Optimistis Kalahkan Gajah Perang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Sejak resmi menukangi tim nasional (timnas) Indonesia pada 1 Januari 2020, Shin Tae-yong (STY) sudah tiga kali menghadapi Thailand. Belum sekali pun pelatih asal Korea Selatan itu menang.

Dua kali tim asuhan STY menahan imbang Gajah Perang –julukan Thailand. Masing-masing 2-2 dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai. Dan, kembali 2-2 di final kedua Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura. Satu laga lainnya di final pertama Piala AFF 2020, Garuda dihajar 0-4.

Sore ini pukul 16.00 WIB, di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, dalam semifinal SEA Games, timnas U-23 yang ditangani STY kembali akan berhadapan dengan Thailand yang juga ditangani Alexandre Polking, pelatih mereka di Piala AFF 2020.

Kali ini STY percaya tim asuhannya akan meraup hasil berbeda dari tiga pertemuan dengan Thailand sebelumnya. Dia punya alasan untuk itu.

Baca juga:  Soal Penyebab Kecelakaan, Polisi: Sopir Chacha Sherly Lalai

Pertama, 11 dari 30 pemain Indonesia di skuad Piala AFF 2020 masuk dalam skuad SEA Games 2021 Vietnam. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi (kiper), Fachruddin Aryanto (bek), Alfeandra Dewangga (bek), Elkan Baggott (bek), Rizky Ridho Ramadhani (bek), dan Asnawi Mangkualam (bek). Kemudian, Rachmat Irianto (gelandang), Ricky Kambuaya (gelandang), Syahrian Abimanyu (gelandang), Witan Sulaeman (penyerang sayap), dan Egy Maulana Vikri (penyerang sayap).

Di sisi lain, pada SEA Games edisi ke-31 ini, Thailand hanya membawa empat pemain yang terlibat dalam Piala AFF 2020. Mereka adalah Weerathep Pomphan, 25; Worachit Kanitsribampen, 24; Kawin Thamsatchanan, 32; dan Jonathan Khemdee, 20. Saat menjuarai Piala AFF 2020, Negeri Gajah Putih itu melibatkan banyak pemain senior.

Baca juga:  Lemparan Jauh Pratama Arhan Mendarat di Jepang; Semoga Jangan Hanya Setahun–Dua Tahun di Sana

”Memang, kami kalah oleh Thailand pada final Piala AFF 2020. Tapi, situasi kali ini berbeda. SEA Games 2021 Vietnam adalah turnamen bagi para pemain U-23. Dan, kami memiliki banyak persiapan untuk menghadapi Thailand,” tutur STY dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan Indonesia melawan Thailand kemarin.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan (Korsel) itu siap memperbaiki catatan buruk Indonesia atas Thailand pada ajang SEA Games. Sepanjang SEA Games digelar, kedua negara sudah bertemu 21 kali. Dalam 21 pertemuan itu, Indonesia baru bisa mengalahkan Thailand lima kali.

Meski demikian, STY tidak mau terlalu percaya diri. Menurut pelatih 51 tahun itu, di Asia Tenggara, Thailand masih menjadi tim terbaik. ”Ya, selain Thailand, ada Vietnam. Saat ini kami sedang mengejar ketertinggalan agar bisa menjadi seperti mereka,” kata mantan pelatih sekaligus pemain klub Korsel Seongnam Ilhwa Chunma tersebut.

Baca juga:  PPSM Keluhkan Kinerja Wasit Liga 3, Aksi Brutal Injak Leher Pemain Persak Cuma Kartu Kuning

Pelatih Thailand Alexandre Polking menilai pertandingan melawan Indonesia kali ini akan jauh berbeda dengan final Piala AFF 2020. Pelatih asal Brasil itu juga memuji tangan dingin STY yang membuat Indonesia berkembang pesat.

”Timnas Indonesia U-23 sangat kuat. Mereka memiliki banyak pemain muda berbakat,” ucap mantan pelatih Bangkok United itu.

Meski demikian, Polking optimistis dominasi Thailand atas Indonesia pada perhelatan SEA Games dapat kembali diperpanjang. Terlebih, pertandingan digelar di Stadion Thien Truong. Itu adalah stadion yang menjadi venue pertandingan penyisihan grup B.

”Kami sudah sangat hafal dengan kondisi stadion ini. Karena itu, pada fase penyisihan, kami harus bisa menjadi juara grup agar bisa bertahan di stadion ini,” ungkap pelatih 46 tahun tersebut. (fiq/c17/ttg)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya