alexametrics

Jelang Big Match Lawan Jatim, Tim Sepak Bola Jateng Fokus Jaga Mental

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Tim sepak bola Jateng bersiap menghadapi tim Jawa Timur (Jatim) dalam babak penyisihan Grup B cabang olahraga sepak bola PON XX Papua. Pertandingan akan digelar Jumat (1/10/2021).

Tim Jatim patut diwaspadai. Karena selalu tampil bagus dalam ajang olahraga empat tahunan ini. Apalagi sepak bola Jatim sering menjadi langganan juara. Jelas hal tersebut menjadi ancaman langkah Jateng untuk lolos babak penyisihan grup.

“Kami sudah melakukan persiapan melawan Jatim. Evaluasi laga pertama melawan Sumatera Utara sudah dilakukan. Analisis pertandingan tim lawan juga sudah dilakukan. Kebetulan kemarin saya nonton pertandingan Jatim sama Sumsel,” kata Asisten Pelatih PON Jateng Muhammad Irfan kepada Jawa Pos Radar Semarang Rabu (29/9/2021).

Baca juga:  Ogah Lepas Poin

Jeda pertandingan yang hanya dua hari, diakuinya menjadi tantangan tersendiri bagi pemain dan official. Waktu jeda itu akan dimaksimalkan untuk berlatih. Supaya tim bisa bermain lebih baik dan lebih kuat lagi. “Jeda waktu satu hari ini akan dimaksimalkan untuk recovery pemain,” jelas asisten pelatih yang juga dosen olahraga Unnes ini.

Mantan pemain PSIS Semarang ini mengaku sudah menyiapkan strategi dan taktik melawan tim Jatim. Terpenting adalah mentalitas pemain. Secara kekuatan, skuad Jatim diunggalkan.

Namun ia tidak mau fokus pada kekuatan lawan. Terpenting adalah kekuatan tim sendiri. Harus melakukan persiapan maksimal menghadapi lawan. “Kami harus selalu menjaga mentality anak-anak. Harus siap siapapun lawannya,” terang Irfan.

Baca juga:  PSISa Salatiga Andalkan Kombinasi Pemain Senior dan Junior

Dalam ajang PON, umur pemain cabor sepak bola adalah sama. Hal tersebut bukan menjadi kendala. Kekuatan berimbang. Tinggal mentalitas yang berbicara saat di lapangan. Kondisi pemain Jateng saat ini sudah siap tempur. Hanya ada satu pemain yang sedikit cedera, Muhammad Firman.

Setelah laga melawan Sumatera Utara Selasa lalu. Namun kondisinya sekarang sudah membaik. Tinggal melihat satu hari lagi untuk memastikan pemain yang dipasang di line up.

Sebelumnya, yakni Selasa (28/9/2021) lalu tim Jateng menjalani laga perdana babak penyisihan grub B. Melawan tim Sumatera Utara. Bermain di Stadion Mahacandra, Uncen, Kota Jayapura. Jateng memimpin satu gol di babak pertama melalui tendangan penalti oleh gelandang Jateng.

Baca juga:  Pelatda Berhenti, Persiapan PON Makin Mepet

Yakni Erlangga Adhyaksa enam menit jelang turun minum. Setelah bek Sumatera Utara, Irfan menjatuhkan penyerang Jateng Alfiyan Listiyono di kotak penalti.

Sedangkan tim lawan berhasil membalasnya di babak kedua. Melalui pemain pengganti, Purnomo. Setelah berhasil merangsek ke dalam kotak penalty melalui kerja sama dengan Faisal Ramadoni. Gol tersebut membuat Jateng kahilangan fokus. Setelah mendominasi di babak pertama. Sampai akhir peluit panjang berbunyi, kedua tim tidak bisa menambah gol lagi. Skor akhir 1–1, kedua tim harus puas berbagi poin. (cr7/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya