alexametrics

Wasit Liga 3 Jateng Lakukan Persiapan Mandiri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Wasit yang akan memimpin pertandingan Liga 3 Jateng mulai melakukan persiapan secara mandiri. Seiring jadwal Liga 3 yang akan bergulir pada pertengahan Oktober 2021 mendatang.

Komite Wasit Asprov PSSI Jateng, Alil Renenggo mengungkapkan rencana melakukan penyegaran wasit liga 3. “Wasit sudah diberitahukan untuk hal itu,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang Senin (30/8/2021).

Namun pihaknya belum bisa memastikan tempat untuk melakukan penyegaran wasit tersebut. Hingga kini masih menunggu daerah yang bisa melakukan kegiatan tersebut. “Kemungkinan waktunya H-dua minggu sebelum laga bergulir,” terangnya.

Alil menuturkan, sebelumnya sudah melakukan training khusus para wasit. Seiring adanya beberapa aturan baru yang harus diketahui para wasit. Ia membeberkan saat ini wasit untuk Liga 3 Jateng yang memiliki lisensi C1 ada 60 orang dan C2 ada 40-an orang. Nantinya sebelum laga dimulai, semua wasit akan melakukan seleksi terlebih dahulu. “Wasit akan diranking dari yang paling atas dan bawah. Kemudian ranking terbaik berhak menjadi wasit Liga 3,” katanya.

Baca juga:  Mangkang Wetan Terparah, Ketinggian Rob Capai 30 Sentimeter

Saat ini, Alil masih bingung untuk melakukan tes seleksi penyegaran wasit. Mengingat Jateng masih PPKM level tiga, masih sulit mencari stadion yang bisa dipakai untuk melakukan seleksi. Walaupun begitu, terkait wasit sudah direncanakan dengan matang bersama Asprov PSSI Jateng.

Ketua Komite Wasit Demak, Sujiwo mengatakan, saat ini wasit sudah melakukan latihan mandiri bersama seperti wasit dari Demak, Kudus, Jepara, dan Kendal. “Latihan bersama satu bulan sekali,” akunya.

Sujiwo menambahkan, sebelum mengikuti tes seleksi di Asprov Jateng, wasit yang akan bertugas harus menjalani tes seleksi di tingkat kabupaten/kota. “Kami berharap, semua wasit bisa selalu meningkatkan kemampuannya dengan rutin berlatih,” katanya. (cr7/ida)

Baca juga:  Tim Sepakbola Jateng Kesulitan Lapangan Latihan

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya