alexametrics

Prediksi Susunan Pemain PSIS vs Arema FC, yang Penting Menang Dulu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Setelah mampu lolos dramatis di babak delapan besar, tim PSIS Semarang akan langsung melakoni laga leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Kamis (7/7) sore ini pukul 16.00. Di babak empat besar, tim berjuluk Mahesa Jenar ini akan melakoni laga versus Arema FC. Pertemuan nanti merupakan pertemuan ketiga bagi kedua tim di masa persiapan kompetisi 2022/2023 ini.

Pertemuan pertama, yaitu pada laga uji coba di Stadion Kanjuruhan 22 Mei 2022 di mana tim berjuluk Singo Edan mampu unggul 2-0. Kemudian pertemuan kedua di Stadion Jatidiri Semarang (4/6) giliran Mahesa Jenar menang 2-1.

Semifinal Piala Presiden 2022 kali ini menggunakan sistem home-away tanpa menerapkan agregat gol. Leg 2 semifinal Piala Presiden bakal berlangsung Senin tanggal 11 Juli 2022. Format semifinal Piala Presiden 2022 memiliki perbedaan dengan babak perempat final lalu.

Jika di delapan besar memakai sistem satu kali pertandingan dan langsung dilanjutkan adu penalti  jika kedua tim bermain imbang, tidak demikian dengan semifinal. Menurut pasal 7 dalam regulasi Piala Presiden 2022, apabila dalam waktu normal pertandingan berakhir imbang, maka pertandingan dilanjutkan dengan extra time.

Selain itu, aturan gol tandang juga tidak diberlakukan di semifinal. Semisal dua tim mencetak skor imbang, maka dilanjutkan ke babak extra time. Jika kedudukan tetap sama, tim pemenang baru ditentukan via adu penalti.

Baca juga:  Genjot Porsi Latihan Pemain yang Baru Bergabung

“Prinsipnya kami akan habis-habisan di dua leg semifinal. Namun memang kalau menang dulu di laga kandang paling tidak kita bisa nyicil ayem dulu,” kata General Manajer (GM) PSIS Wahyu ‘Liluk’ Winarto.

Menghadapi Arema FC nanti, PSIS dipastikan bakal menurunkan the winning team mereka. Coach Sergio Alexandre hanya masih menunggu kondisi breaker Eka Febri yang mengalami cedera ketika turun di laga versus Bhayangkara FC lalu.

“Kondisi Eka sudah memaik. Hari ini, (kemarin, red) yang bersangkutan sudah mulai ikut latihan. Dan kami masih punya waktu sehari untuk melihat kondisi terakhir pemain,” kata pelatih asal Brasil itu.

Problem utama Mahesa Jenar di laga delapan besar kemarin adalah di pos penjaga gawang. Kiper muda Yofandani Damai tampil kurang maksimal dan harus digantikan oleh Aldhila Ray Redondo. Beruntung Redondo tampil bagus dan menjadi penyelamat PSIS.

Baca juga:  Waduh! 14 Remaja Terciduk Sedang Ngamar

Belum pulihnya Eka tampaknya tidak terlalu membuat khawatir coach Sergio. Di pos breaker, PSIS masih punya Guntur Triaji, Delvin Rumbino, Reza Irfana dan juga Alfeandra Dewangga yang tampil bagus di pos tersebut.

“Dewangga bisa bermain di gelandnag bertahan, stopper maupun bek kiri. Tentu itu menjadi keuntungan bagi kami, karena jadi banyak opsi. Karena kami menyiapkan tim tidak hanya untuk Piala Presiden saja, tapi buat kompetisi juga,” sambung Sergio Alexandre.

Pertandingan sore ini juga bakal menjadi laga reuni bagi bomber Carlos Fortes, di mana di musim pertamanya bermain di Indonesia, pemain asal Portugal itu berkostum Arema dan tampil cukup gemilang bersama Singo Edan.

“Pemain dan staf Arema mungkin sudah tahu dengan karakter Fortes. Tapi, itu tidak penting bagi kami. Yang paling penting adalah Fortes mampu tampil maksimal di tim ini. Dan dia buktikan di pertandingan-pertandingan sebelumnya,” katanya.

Dalam lawatan ke Semarang kali ini, tim Singo Edan kemungkinan besar tidak bisa menurunkan lima pemain mereka, yaitu  Kushedya Hariyudo, Hasyim Kipuw, Syaeful Anwar, Johan Alfarizie dan Rendika Rama yang tengah dalam masa pemulihan cedera. Namun Singo Edan sudah bisa menurunkan legiun asing gress mereka, yaitu Abel Camara. Striker asal Guinea-Bissau itu diharapkan menjadi pemecah problem minimnya produktivitas gol Arema di Piala Presiden.

Baca juga:  Kenal Kurir Narkoba di Facebook, Awalnya Mengaku Ambil Bawang Putih

“Yang pasti baik PSIS maupun Arema mengalami perubahan sejak kita bertemu di laga uji coba lalu. Dan pemain juga lebih komplet, stuasinya akan berbeda,” terang juru taktik Arema Eduardo Almeida.

Pelatih berpaspor Portugal itu mengakui, tidak mudah untuk mengambil poin atas PSIS yang tampil bagus selama Piala Presiden. Apalagi mereka akan bermain di kandang pada leg pertama semifinal nanti.

“Tapi Arema ingin memberikan hasil yang baik di dua leg semifinal. Dan memang atmosfir stadion di Indonesia selalu dihadiri puluhan ribu suporter. Itu hal yang cukup wajar, tugas pemain dan pelatih memberikan penampilan yang terbaik,” katanya. (bas/aro)

PSIS (4-2-3-1)

Pelatih: Sergio Alexandre

Kiper: Redondo

Belakang: Fradyan, Alie, Wahyu, Frendi ©

Tengah: Dewangga, Guntur

Tengah Depan: Marukawa, Jonathan, Wawan

Depan: Fortes

 

Arema FC (4-3-3)

Pelatih: Eduardo Almeida

Kiper: Maringa

Belakang: Rendika, Bagas, Sergio, Rizki

Tengah: Renshi, Evan, Zola

Depan: Dendi ©, Rafli, Adam

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya