alexametrics

Lupakan Euforia Kemenangan, PSIS Segera Fokus Tatap Laga Lawan Dewa United

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Penampilan impresif ditunjukkan PSIS Semarang pada laga perdana Grup A Piala Presiden 2022. Tak tanggung-tanggung, Hari Nur Yulianto dkk sukses menang telak 6-1 atas Persita Tangerang di Stadion Manahan Solo Senin (13/6) Sore.

Kemenangan tersebut sekaligus membawa PSIS untuk sementara memuncaki klasemen Grup A. Setelah menang besar lawan Persita, PSIS akan melakoni laga lanjutan Grup A versus Dewa United di Stadion Manahan Solo Jumat 17 Juni pukul 16.00.

Mahesa Jenar tampil dengan mayoritas pemain muda sejak babak pertama. Kiper Aldhila Ray Redondo dan empat bek Fredyan Wahyu, Ahmad Syiha, Wahyu Prasetyo dan Frendi Saputra turun menjaga pertahanan.

Di tengah kolaborasi breaker muda dan senior yaitu Eka Febri dan Guntur Triaji diberi tugas menjaga kedalaman lini tengah. Sedangkan trio Taisei Marukawa, Ofkafianus Fernando dan Hari Nur Yulianto diberi tugas mengalirkan serangan dari sayap dan tengah dan menopang lone striker Carlos Fortes.

Baca juga:  Prediksi Susunan Pemain PSIS vs PSS Sleman, Mantan Bisa Merepotkan

Babak pertama laga sebenarnya berjalan imbang. Persita yang juga menurunkan sejumlah pemain muda juga menampilkan permainan dengan tempo tinggi. Beberapa kali skema serangan yang dibangun Ghozali Siregar, Sin Yeoung Bae, Heri Susanto dan Ramiro Fergonzi membuat lini pertahanan Mahesa Jenar ketir-ketir.

Beruntung di menit ke-15 PSIS bisa unggul melalui gol Oktafianus Fernando yang memanfaatkan kesalahan kordinasi pertahanan Pendekar Cisadane. Gol mantan gelandang Persebaya itu mendongkar percaya diri Mahesa Jenar.

Terbukti, PSIS berhasil menambah dua gol di babak pertama melalui gol Carlos Fortes di menit ke-37 dan Taisei Marukawa di menit ke-40. Nestapa Persita bertambah ketika di menit ke-45 Israel Wamiau diganjar kartu merah oleh wasit Darma Santoso Gulo.

Eks bek Persipura itu dianggap melanggar keras ketika man to man dengan Carlos Fortes diluar kotak penalti Persita. Skor 3-0 untuk keunggulan PSIS bertahan hingga turun minum.

Baca juga:  Prediksi Susunan Pemain Persita vs PSIS, Wallace Costa Absen

Unggul jumlah pemain membuat PSIS langsung tancap gas di babak kedua. Hasilnya, kapten Hari Nur Yulianto menambah keunggulan di menit ke-52. Pemain berjuluk King Hari itu melesakkan tembakan yang tidak mampu dibendung kiper Dede Sulaiman.

Pendekar Cisadane sempat mendapatkan asa setelah dihadiahi penalti karena bek Wahyu Prasetyo melakuan hansball di kotak terlarang. Ramiro Fergonzi yang ditunjuk sebagai algojo sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 4-1.

Namun gol pemain asal Argentina itu hanya gol pelipur lara saja. Di sisa babak kedua Mahesa Jenar berhasil menambah keunggulan menjadi 6-1 melalui gol Carlos Fortes di menit ke-79 dan Rachmad Hidayat di menit ke-89.

Head coach PSIS Sergio Alexandre mengaku puas dengan kemenangan besar PSIS atas Persita. Hanya saja pihaknya meminta ke Hari Nur Yulianto dkk untuk tidak cepat puas. Perjuangan di turnamen pramusim ini masih panjang.

“Seperti yang saya katakan sebelum oertandingan, kami datang untuk menang. Dan semua pemain, official, manajemen membuktikan hal itu. Semua kerja keras untuk menang. Namun kami harus menatap pertandingan selanjutnya,” katanya.

Baca juga:  Kebut Administrasi, Bruno dan Wallace Segera Gabung

Evaluasi terbesar Mahesa Jenar adalah di lini belakang. Duet Wahyu Pras dan Ahmad Syiha di laga kemarin belum benar-benar membuat tenang. namun di pos tersebut PSIS masih akan kedatangan tenaga baru yaitu Alie Sesay dan juga Alfreandra Dewangga yang saat ini masih bergabung bersama Timnas.

Di kubu Persita, coach Angel Alfredo Vera mengakui Mahesa Jenar tampil lebih baik dibanding timnya. Belum kompletnya skuat Pendekar Cisadane menurutnya juga menjadi faktor kekalahan timnya kemarin sore. Persita sejauh ini baru diperkuat dua legiun asing yaitu Sin Yeoung Bae dan Ramiro Fergonzi.

“Di babak pertama kami sebenarnya tampil baik. Namun PSIS bisa memanfaatkan kesalahan kami sedangkan kami tidak bisa sehingga gagal mencetak gol,” kata pelatih yang musim lalu membesut Persipura itu. (bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya