alexametrics

Prediksi Susunan Pemain PSIS Semarang vs Persija Jakarta, Menanti Aksi Chevaugn Walsh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Libur telah usai. PSIS Semarang akan kembali bertarung di putaran kedua ajang Liga 1. Pada seri keempat ini tim berjuluk Mahesa Jenar akan melakoni tujuh laga di Pulau Dewata.

Dan pada laga perdana yang akan berlangsung di Stadion I Wayan Dipta pukul 20.30, Kamis (6/1/2022) nanti malam, Wallace Costa dkk akan langsung berhadapan dengan Persija Jakarta.

Berat memang. Namun setidaknya di jeda putaran kedua kemarin PSIS punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Termasuk dibukanya bursa transfer juga dimanfaatkan oleh manajemen PSIS untuk mendatangkan sejumlah pemain baru.

Tercatat sudah tiga pemain gres akan bergabung dengan PSIS di putaran kedua. Yang pertama adalah eks winger PSMS Medan Rachmad Hidayat. Pemain 30 tahun itu diharapkan mampu menutup kekurangan PSIS di sektor sayap.

Pun begitu dengan nama kedua yang didatangkan yaitu bek sayap Taufik Hidayat. Pemain asal Sayung, Demak itu bukan nama baru karena ikut membawa PSIS lolos ke Liga 1 tahun 2017 lalu. Empat musim selanjutnya Taufik berkelana ke tim-tim seperti Bali United, PSM Makassar, Arema Malang, dan terakhir berkostum PSIM Jogjakarta.

Nah, nama pemain baru yang digadang-gadang bakal menjadi pemain bintang baru di PSIS adalah Chevaughn Walsh. Bomber berpaspor Jamaika itu sebelumnya bermain di Liga Vietnam bersama Ha Tinh FC.

Baca juga:  Berhentikan Tiga Ketua RW, Lurah Bangetayu Wetan Digeruduk Warga

Hanya saja, bergabungnya pemain yang biasa dipanggil Chevy itu berarti saat ini tim Mahesa Jenar memiliki lima nama pemain asing mengingat sebelumnya PSIS sudah merekrut Wallace Costa, Bruno Silva, Flavio Beck Junior, dan Jonathan Cantillana.

Sesuai aturan, setiap tim Liga 1 hanya boleh merekrut tiga pemain asing non Asia dan satu pemain Asia. Maka dari itu masuknya Chevy tentunya PSIS harus merelakan seorang pemain asing yang tidak didaftarkan di putaran kedua ini.

”Kami belum tentukan, karena masih harus menunggu coach Dragan dulu,” kata CEO PSIS Yoyok Sukawi kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Laga malam nanti PSIS belum bisa ditemani oleh pelatih Dragan Djukanovic karena masih harus menjalani karantinya setibanya dari negara asalnya. Selain itu, dua punggawa Timnas Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga juga belum bisa bergabung, karena juga masih harus menjalani karantina.

Menyikapi hal itu, asisten pelatih PSIS Achmad Resal mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skenario. Pemain-pemain PSIS yang ada, menurutnya, sudah siap diturunkan di laga malam ini.

“Dengan adanya kedua pemain itu tentu bisa menambah kekuatan. Namun saya kira di seri sebelumnya kami juga sudah sering bermain tanpa Arhan dan Dewa. Jadi, pemain yang ada juga sudah siap,” beber Resal.

Baca juga:  Pelatih Persela Beri Perhatian Khusus untuk Pemain Muda PSIS

Pihaknya juga tidak terlalu mengkhawatirkan proses adaptasi sejumlah pemain baru yang saat ini sudah bergabung di Bali.”Apalagi untuk Taufik Hidayat bukan nama baru, saya kira tidak ada masalah dengan adaptasinya,” tambahnya.

Bek tengah PSIS Wahyu Prasetyo menambahkan, timnya wajib ekstra waspada sepanjang pertandingan ketika menghadapi Persija malam ini. Maklum saja, tim berjuluk Macan Kemayoran ini memiliki sejumlah tukang gedor yang ganas di depan gawang lawan.

“Persija punya pemain-pemain bagus, termasuk Marko Simic. Namun kami juga sudah menyiapkan antisipasi-antisipasinya dalam latihan. Yang penting bisa fokus sepanjang pertandingan,” beber bek asal Kendal itu.

Sementara di kubu Persija, tim besutan Angelo Alessio tampil lebih meyakinkan di putaran kedua ini. Tak tanggung-tanggung Macan Kemayoran mendatangkan enam pemain baru sekaligus. Mereka adalah Ichsan Kurniawan, Samuel Simanjuntak, Ahmad Bustomi, Makan Konate, Ikhwan Ciptady dan Irfan Jauhari.

Keenam pemain itu bakal berkolaborasi dengan sejumlah nama besar di Persija seperti Marco Motta, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, dan Marko Simic.

Baca juga:  Fakta-Fakta Ibu yang Tega Bunuh Anaknya di Kamar Hotel Semarang, Terjerat Pinjol Rp 38 Juta

“Yang jelas pemain yang main besok (hari ini, Red) adalah mereka yang siap secara fisik dan mental. Untuk pemain baru kami harap bisa mengangkat performa tim,” beber Angelo Alessio kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Meski di atas kertas lebih diunggulkan, namun pelatih berpaspor Italia itu tak mau anggap remeh Mahesa Jenar. Pada putaran pertama lalu kedua tim bermain imbang 2-2. ”Kami tetap respect kepada PSIS,” bebernya.

Gelandang bertahan Persija Tony Sucipto menambahkan, jeda waktu yang cukup panjang menjelang putaran kedua kemain benar-benar dimanfaatkan untuk evaluasi dan mempersiapkan diri.

”Dengan datangnya pemain baru semoga bisa memberi perubahan untuk tim. Dan kita juga  gak mikirin PSIS. Kita mikirin tim sendiri fokus untuk pertandingan besok (hari ini, Red),” katanya. (bas/aro)

PSIS (4-2-3-1)

Pelatih: Dragan Djukanovic

Kiper: Jandia Eka

Belakang: Aqsha Saniskara, Wallace Costa (c), Wahyu Prasetyo, Taufik Hidayat

Breaker: Eka Febri, Finky Pasamba

Tengah: Septian David, Jonathan Cantillana, Rachmad Hidayat

Depan: Chevaugn Walsh

Persija (4-2-3-1)

Pelatih: Angelo Alessio

Kiper: Andritany Ardhiyasa (C)

Belakang: Marco Motta, Otavio Dutra, Maman Abdurrahman, Novri Setiawan

Breaker: Tony Sucipto, Bustomi

Tengah: Riko Simanjuntak, Makan Konate, Osvaldo Haay

Depan: Marko Simic

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya