alexametrics

Susunan Pemain PSIS vs Borneo FC, Jonathan Cantillana Starter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Misi PSIS Semarang untuk terus berada di papan atas klasemen akan kembali diuji. Kali ini, giliran Borneo FC yang bakal menghadapi Laskar Mahesa Jenar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jogjakarta, sore ini (6/11/2021).

Tim berjuluk Pesut Etam ini tentu akan berjuang keras bisa meraih kemenangan untuk mengamankan diri dari jurang degradasi. Pasalnya, saat ini Borneo FC berada di posisi 14 klasemen dengan 10 poin, hasil dua kali menang, empat kali imbang, dan empat kali kalah. Sedangkan PSIS di peringkat keempat dengan 19 poin. Turun dari klasemen minggu lalu yang sempat berada di urutan ketiga.

Pelatih PSIS Semarang Ian Andrew Gillan mengaku, sudah melakukan persiapan seperti biasanya untuk menghadapi Borneo FC. Tidak akan ada banyak perubahan yang akan dilakukan oleh tim pelatih.

Ia membeberkan, laga sore ini, Laskar Mahesa Jenar terpaksa kehilangan dua pemain andalannya. Yakni, Finky Pasamba dan Riyan Ardiansyah. Mereka harus absen karena akumulasi kartu kuning yang didapatkan. Meski begitu, pelatih asal Skotlandia ini tidak menganggap itu sebagai masalah besar. Karena skuad PSIS masih memiliki stok pemain muda yang bagus dan bertalenta.

“Nanti akan kita coba untuk bermain dari awal untuk mengganti posisi pemain yang terkena akumulasi kartu tersebut,” jelas Ian.

Baca juga:  12 Pemain PSIS Absen, Coach Dragan Puyeng

Kabar baiknya tiga penggawa muda PSIS Semarang, yakni Pratama Arhan, Dewangga, dan Eka Febri sudah kembali dari panggilan Timnas. Namun pelatih akan melihat kondisi pemain tersebut. Memungkinkan untuk dimainkan di awal atau sebagai pemain pengganti.
“Kita akan lihat seperti apa kondisi dan penentuan terakhir di starting XI,” terangnya.

Ian menegaskan, walaupun dalam catatan lima pertandingan terakhir tim lawan meraih hasil kurang bagus, hal tersebut bukan menjadikan PSIS menganggap enteng. Ian mengimbau kepada anak asuhnya untuk tetap fokus dalam pertandingan melawan tim Pesut Etam. “Saya berusaha untuk mendapatkan tiga poin,” katanya.

Senada dengan Ian, penjaga gawang PSIS Joko Ribowo mengaku akan menjaga fokus dalam pertandingan. Terlebih pemain Borneo FC juga diisi pemain yang memiliki nama di Indonesia. Sehingga perlu fokus dan mengantisipasi semua pemain.

“Jadi, kita mau lawan siapa aja, kita tetap fokus menghadapi pemain yang ada di lapangan,” terang kiper asal Demak ini.
Diakuinya, walaupun timnya pada pertandingan sore ini diunggulkan, ia tidak mau jumawa. Karena situasi di dalam lapangan tidak tahu. Bisa saja PSIS yang menang, pun sebaliknya. Menurutnya, yang penting, semua pemain harus terus menjaga fokus, kerja keras, dan tidak saling menyalahkan.

Baca juga:  Beredar Kabar TPP Dipotong, ASN Pemkot Salatiga Galau

“Jika ada satu pemain salah kita tutupi. Bisa terus kompak, pertandingan bisa meraih hasil yang baik,” jelasnya.
Di kubu lawan, Pelatih Borneo FC Risto Vidakovic mengaku laga sore ini tidak akan mudah. Tim pelatih tidak bisa melakukan banyak persiapan. Karena jeda pertandingan sangat dekat. Ia fokus untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi di laga sebelumnya.”Kita besok (hari ini) kompak dan pres yang maksimal. Semoga kita dapat poin,” harapnya.

Dua laga sebelumnya, Borneo mengalami kekalahan beruntun. Yakni, melawan PSS Sleman dan Bhayangkara FC. Lima pertandingan terakhir yang hanya memetik satu kali kemenangan. Pelatih asal Serbia ini melihat hal tersebut menjadi tekanan bagi anak asuhnya. Sehingga menjadi masalah yang berarti.”Situasi sekarang seperti itu, kita harus cari solusi untuk perbaiki,” jelasnya.

Menurutnya, dua laga terakhir anak asuhnya sudah mampu bermain bagus. Namun masih terlalu mudah kebobolan. Lini pertahanan menjadi fokus untuk evaluasi tim pelatih. Laga sore ini, Risto menekankan kepada punggawa Pesut Etam agar tampil fokus, dan berusaha sekeras mungkin.

“Kita harus memberikan yang terbaik besok (hari ini), dan mencoba mendapatkan tiga poin,” ungkapnya.
Diakuinya, lawannya sore ini adalah tim yang berat. PSIS merupakan tim yang bagus. Pertandingan sore ini, menurut Risto, tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu akan memiliki kepercayaan diri yang lebih. Mereka juga akan bermain lepas. Selain itu, PSIS saat ini duduk di papan atas klasemen dan bermain disiplin.

Baca juga:  Minyak Goreng Palsu di Kudus Dibuat dari Air Cucian Mobil Dicampur Zat Pewarna

“Pasti pertandingan berat. Tapi kalau kita mau menang, kita harus bekerja keras, bermain pintar, dan kompak,” terangnya.

Pemin sayap kiri Borneo FC Wawan Febrianto mengatakan, pertandingan sore ini, ia dan kawan-kawannya harus bekerja keras. Supaya bisa meraih hasil yang maksimal untuk tim. “Harus maksimal, bangkit lagi Borneo FC,” tandas pemain 27 tahun ini. (haw/aro)

PSIS Semarang (4-2-3-1)
Pelatih: Ian Andrew Gillan
Kiper: Joko Ribowo
Belakang: Fredyan Wahyu, Wallace Costa (c), Wahyu Prasetyo, Frendi Saputra
Tengah: Reza Irfana, Jonathan Cantillana
Depan: Septian David Maulana, Fandi Eko Utomo, Hari Nur Yulianto
Striker: Bruno Silva

Borneo FC (4-3-3)
Pelatih: Risto Vidakovic
Kiper: Gianluca Pandeynuwu
Belakang: Leo Guntara, Javlon Guseynov (c), Wildansyah, Marckho Sandi
Tengah: Hendro Siswanto, Nuriddin Davronov, Wawan Febrianto
Depan: M Sihran, Jonathan Bustos, Terens Puhiri

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya