alexametrics

Cerita Atlet Downhill Tiara Andini yang Memutuskan Pensiun setelah Sukses Menyabet Emas SEA Games

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pebalap Sepeda Downhill (DH) asal Semarang, Tiara Andini Prastika putuskan gantung helm setelah menyabet emas pada SEA Games Vietnam 2021.

Setelah pencapaiannya hingga saat ini tentu ini bukan keputusan yang mudah karena saat ini Tiara adalah pembalap DH wanita terbaik tak hanya di Asia Tenggara tapi juga di level Asia.

“Buat saya apa yang saya raih sudah cukup dengan medali emas di Asian Games lalu SEA Games, mungkin kalau di Olimpiade dibikin cabor balap DH mungkin saya masih semangat balap, tapi faktanya balap DH mentok hanya di level Asia,” ujar pembalap kelahiran Semarang.

Atlet  26 tahun itu bercerita awal karirnya sebelum terjun di downhill. Tiara mengatakan ketika duduk di bangku SDN 7 Petompon Semarang, ia justru menekuni bulutangkis karena melihat saudaranya Rian Sukmawan yang masuk di Timnas. “Tetapi waktu itu berhenti karena tempat latihannya pindah dan transportasinya susah,” terang Tiara.

Ketika duduk di bangku SMP Negeri 13 Semarang, Tiara mencoba menekuni atletik di nomor tolak peluru untuk persiapan Popda dan OOSN. “Lalu teman kantor ayah saya mengajak sepedaan, waktu itu saya masih SMP, masih belum menekuni sepeda, dan ketika saya sekolah di SMA Negeri 7 Semarang saya baru menekuni roadbike atau sepeda jalan raya,” kata warga Kalialang, Sampangan.

Pada tahun 2011, tepatnya saat dia duduk di bangku SMA, Tiara mencoba sepeda BMX tetapi belum ada peluang. Pada Tahun 2012 ia mulai menggeber sepeda downhill di Semarang.

Baca juga:  Pinjol Ilegal di Semarang Berkedok Koperasi Simpan Pinjam

Tahun 2013, Tiara mencoba ke sepeda Downhill Elite karena pertimbangan persiapan Porprov Jateng. “Musuh saya ini senior semua, yang saya incar itu mental saya terbentuk. Tahun 2014 baru prestasi,” ujarnya.

Pada tahun 2016, Tiara mendapat panggilan timnas di Malang untuk mengikuti Asian Games. Sebelumnya, ia sempat menjadi satpam dan sudah taken kontrak selama tiga bulan di kawasan pertokoan Pedurungan.

Namun, ia lebih memilih menjadi pebalap sepeda Downhill. Ia berhasil menjadi juara 1 katagori Women Elite Over All Series Indonesian Downhill. “Ini kesempatan buat saya untuk membantu keluarga dengan menjadi atlet,” ujarnya.

Pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, ia mendapatkan emas katagori Women Elite. Kemudian SEA Games 2019 Filipina ia mendapatkan perak. Dan SEA Games Vietnam 2021 mendapat emas. “Kalau di Vietnam TC nya di Yogyakarta selama setahun,” ujarnya.

SEA Games Filipina 2019 menjadi hal yang berkesan bagi Tiara. Karena pada H-2 pertandingan, ketika latihan, jari kelingkingnya patah. “Hari ini latihan, jari saya patah, besok kualifikasi, dan lusa pertandingannya,” jelasnya.

Sebenarnya dokter tidak mengizinkan saya untuk main, kata dia, tapi saya dipanggil manager pingin main atau tidak. “Saya jawab pingin main pak. Lalu diikat tali, dan beri obat peredam nyeri. Sebenarnya masih sakit. Targetnya emas, tetapi dapatnya perak,” jelasnya.

Baca juga:  Tiga Atlet Karate Jateng Ikuti Kejuaraan di Kazakhstan

Selain mental, Tiara harus mempersiapkan fisik dan teknik saat melintas track. “Kita harus cepat adaptasinya, kita dikasih kesempatan sehari dua jam, lalu besoknya kualifikasi, dan lusanya pertandingan,” ujarnya.

PT Wahana Inti Utama selaku pemegang merek dagang sepeda Patrol & Dominate, dan importir sepeda Trek di Indonesia memberi apresiasi tertinggi terhadap Tiara Andini dan medali perak, Andy Prayoga di event SEA Games 2021 Vietnam dengan membuat acara WIU Cycling Gravity Racing Press Conference yang dibikin di hotel All Stay Jl.Veteran, Semarang pada Minggu, (19/6).

“Kami menghargai proses perjuangan atlet kita yang telah bekerja keras untuk meraih podium, selain itu kami ingin menginformasikan perihal Tiara Andini akan menikah pada 3 Juli 2022 dan akan pensiun dari olahraga balap Down Hill,” kata Vincentius Yongki Kristanto, selaku Marketing Head PT Wahana Inti Utama.

Tentu ini bukan keputusan yang mudah karena saat ini Tiara adalah pembalap Downhill wanita terbaik tak hanya di Asia Tenggara tapi juga di level Asia. Dalam sejarah balap DH Asia, pencapaian Tiara ini sungguh luar biasa dan belum terpecahkan oleh pembalap Asia lain hingga saat ini.

“Buat saya apa yang saya raih sudah cukup dengan medali emas di Asian Games lalu SEA Games, mungkin kalau di Olimpiade dibikin cabor balap DH mungkin saya masih semangat balap, tapi faktanya balap DH mentok hanya di level Asia,” ujar pembalap kelahiran Semarang.

Baca juga:  Kota Magelang Bidik 10 Besar Porprov 2022

Ke depan, Tiara akan menjadi pelatih bagi atlet muda sepeda downhill. Selain itu, Tiara akan membimbing bibit muda dari di Jawa Tengah. “Karena Sepeda Downhill ini sangat jarang sekali atletnya,” jelasnya.

PT Wahana Inti Utama selaku pemegang merek dagang sepeda Patrol & Dominate, dan importir sepeda Trek di Indonesia memberi apresiasi tertinggi terhadap peraih medali emas, Tiara Andini dan medali perak, Andy Prayoga di event SEA Games 2022 Vietnam dengan membuat acara WIU Cycling Gravity Racing Press Conference yang dibikin di hotel All Stay Semarang pada Sabtu, 18 Juni 2022.

“Kami menghargai proses perjuangan atlet kita yang telah bekerja keras untuk meraih podium, selain itu kami ingin menginformasikan perihal Tiara Andini akan menikah pada 3 Juli 2022 dan akan pensiun dari olahraga balap Down Hill,” kata Vincentius Yongki Kristanto, selaku Marketing Head PT Wahana Inti Utama.

Pada kesempatan tersebut Tiara sekaligus menyampaikan kabar pernikahannya yang akan digelar pada 3 Juli 2022 di Masjid Agung Semarang, begitu juga Yoga yang akan melangsungkan akad nikah pada 1 Juli 2022 di Jepara. (fgr/web/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya