alexametrics

Terima Bonus, Atlet Selam Lebih Giat Berlatih

Artikel Lain

RADARASEMARANG.ID, MAGELANG – Atlet selam, Aulia Zahra Wahyudia Pratiwi menerima bonus Rp 5 juta, karena berprestasi di pekan olahraga Dulongmas dan kejurnas di Jakarta. Uang pembinaan tersebut diserahkan Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, disaksikan pengurus KONI Kota Magelang.

Ia pernah kecipratan bonus pada tahun 2019. Tapi tidak sebesar itu. Karena itu, Yaya-sapaan akrabnya—merasa lebih diperhatikan. Ia akan giat berlatih, agar bisa kembali mengharumkan nama Kota Magelang di lain kesempatan. Ia mengaku, masih sering grogi ketika akan start. Terkadang pula, kalah cepat saat akan sampai di garis finish.

“Saya akan memperbaiki kekurangan-kekurangan itu,” ujar siswa SMP Negeri 7 Magelang ini, kemarin.

Baca juga:  Daftar Negara Juara Piala Thomas, Ternyata Indonesia Paling Banyak

Pelatih selam Herawan Chrestiato mengatakan Yaya pantas mendapatkan penghargaan itu. Karena menyumbang medali perunggu, perak maupun emas di beberapa kejuaraan. Dulongmas, kejuaran tingkat provinsi, maupun di Jakarta baru-baru ini.

Bahkan, sempat ikut latihan di Banjarnegara, menjadi pendamping atlet PON dari Jateng yang akan berangkat ke PON kala itu.

“Sebagai tandem, atlet tersebut (Yaya, Red) sudah bisa mengalahkan atlet Jateng yang didampinginya. Bahkan bisa memecahkan rekor juara satunya PON. Meski dia belum diberangkatkan di PON, karena saat seleksi ke PON, dia masih SD, sekarang SMP,” paparnya.

Herawan menilai atlet selam Kota Magelang punya daya juang yang tinggi. Mereka tidak patah arang meski tidak memiliki laut untuk mendukung latihan. Latihan orientasi bawah air (OBA) dilakukan di daratan. Ia dan para atlet menggunakan lapangan SMP Negeri 7 Magelang untuk latihan navigasi menggunakan kompas.

Baca juga:  Tarung Derajat Sumbang 11 Atlet PON

Ketua KONI Kota Magelang Ali Sungkar menjelaskan, bantuan tersebut merupakan pemberian dari dewan penyantun KONI, yakni Slamet Santoso atau lebih dikenal dengan nama HK. Menurutnya, dewan penyantun ingin memberikan penghargaan kepada para atlet yang berprestasi. Kata Ali, Kota Magelang punya 8 atlet selam. Mereka dibina untuk menghadapi pra-Porprov, Maret mendatang.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menambahkan, Pemkot Magelang mendukung kegiatan olahraga, agar bisa mengerek prestasi Kota Magelang baik regional, nasional, sampai internasional.

Dukungan tersebut di antaranya melalui anggaran dan penyediaan sarana prasarana atau fasilitas olahraga yang memadai. “Untuk membuat atlet berprestasi otomatis pendanaan harus cukup, kalau nggak ya tidak mungkin ada,” pungkas dokter Aziz. (put/lis)

Baca juga:  PABBSI Jateng Kirim 12 Atlet PON

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya