alexametrics


Dua Atlet Magelang Jadi Tumpuan Jateng di PON Papua

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang melepas dua atlet andalan mereka bertarung untuk membela Jawa Tengah di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Oktober 2021. Selain atlet, dua pelatih turut diberangkatkan.

Mereka adalah Gienna Oceani Prasetyo (selam) dan pelatihnya, Herawan Chrestiato. Lalu Hagai Ariel Arswanda (sepatu roda) dan pelatihnya, Erlangga Ardianza Wibowo. Pelepasan atlet yang dihadiri Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz itu juga menjadi momen tepat pengurus KONI berkeluh kesah.

Ketua KONI Kota Magelang Ali Sungkar meminta pemkot memberikan perhatian khususnya bagi cabang olahraga (cabor) yang membutuhkan fasilitas pendukung. Seperti cabor sepatu roda yang belum memiliki venue latihan. Lalu cabor selam membutuhkan kolam renang untuk berlatih diving. “Kalau bisa diberikan venue, pembinaannya pasti lebih baik,” kata Ali di Pendopo Pengabdian Rabu, (8/9/2021).

Terlebih, cabor-cabor tersebut potensial menyumbang medali. Ia ingat, ketika Porprov 2018. Cabor sepatu roda membawa pulang enam medali emas, lima perak, dan lima perunggu. Prestasi Kota Magelang terkerek. “Prestasi kita naik dari peringkat 25 ke 16 dengan perolehan 45 medali. 13 emas, 16 perak, dan 16 perunggu,” terangnya.

Dia juga berharap, pemkot menaikkan hibah untuk KONI. Di anggaran perubahan 2021, pihaknya hanya mendapat Rp 703,367 juta. Pemkot memberikan anggaran untuk KONI dan hadiah atlet Rp 1 miliar di 2019. Kemudian naik menjadi Rp 2,4 miliar di 2020.

Menanggapi hal itu, Aziz sepakat menaikkan nilai hibah tahunan untuk KONI. Dia berharap tahun depan KONI akan mendapat suntikan dana Rp 3,5 miliar. Tapi ia minta KONI bersabar.  “Untuk mencetak atlet berprestasi itu butuh anggaran besar. Tapi kenaikannya harus tahap demi tahap,” tuturnya yang juga memberikan uang pembinaan bagi atlet dan pelatih berprestasi.

Atlet selam Gienna Oceani Prasetyo mengaku bangga dirinya dipercaya mewakili  Jawa Tengah. Butuh perjuangan panjang berada di titik ini.  Ia berjanji akan berusaha sebaik mungkin. Mengerahkan tenaganya untuk kembali pulang dan membawa kabar gembira. (put/ton)

 

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya