alexametrics

Tim Krapyak dan Kaliyetno Tak Terbendung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kudus – Pemain PB Djarum yang tergabung dalam kelompok beregu putra Tim Krapyak dan beregu putri Tim Kaliyetno, tampil sebagai juara pertama kategori beregu Liga PB Djarum 2020, yang bergulir mulai senin (7/12/2020). Penyerahan hadiah dan penghargaan berlangsung rabu (9/12/2020) kemarin di arena pertandingan GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

Kelompok tim Krapyak dipunggawai oleh M. Fajar Ardi Pradana, Jaden Abdullah Usman Putra Ayus, dan M. Afiq Dzakwan Arief sebagai pemain tunggal, serta Dejan Ferdinansyah,/Dwiki Rafian Restu dan Akhsan Ashardi/Pulung Ramadhan sebagai pemain ganda.

Pulung Ramadhan sangat bangga timnya meraih juara di tengah ketatnya persaingan kategori beregu putra. “Senang ya tim saya menang. Tapi sebenarnya belum puas karena belum bisa menyumbang poin maksimal. Bermain di kategori beregu memang bebannya cukup besar ketimbang main untuk kategori perorangan. Namun berkat dukungan dan kerja sama tim, kami mendapat poin tertinggi di beregu putra,” ucap atlet muda kelahiran Pati, 7 Oktober 2006 ini.

Sementara kelompok tim Kaliyetno, dengan skuat Aisha Galuh Maheswari, Aura Ihza Aulia, Salsabila Amiradana sebagai pemain tunggal, serta Assyifa Rizki Rahayu/Puspa Rosalia Damayanti dan Anisanaya Kamila/Faza Mantasya sebagai pemain ganda.

Baca juga:  Fast Angels Semarang Borong Gelar di LFN Jateng 2021

Aura Ihza Aulia menyambut gembira gelar juara yang diraih timnya. Sebab, tidak mudah mengalahkan lawan-lawan di kejuaraan ini. Meski mereka notabene adalah rekan-rekan satu asrama. “Nggak nyangka, karena tim lain mainnya juga bagus. Pokoknya senang banget bisa jadi juara,” kata putri kelahiran Pati, 30 Juli 2005 ini.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, menyampaikan, kategori beregu Liga PB Djarum 2020 merupakan terobosan anyar PB Djarum demi mengasah sisi kompetitif atlet muda. Pasalnya, partai beregu di kejuaraan ini melibatkan berbagai kelompok umur yakni U-15, U-17 dan dewasa.

“Ini adalah kejuaraan langka, karena dalam satu regu diisi atlet-atlet U15 hingga dewasa. Saling mendukung untuk memperjuangkan tim mereka agar bisa menjadi juara. Format lintas usia ini sangat jarang dijumpai di kejuaraan beregu lainnya,” ungkap Yoppy.

Pria yang juga Ketua PB Djarum ini menguraikan, penggabungan lintas usia di kejuaraan beregu Liga PB Djarum 2020 ini, agar para atlet muda bisa merasakan dan mengatasi ketatnya tekanan saat bertanding.

Baca juga:  Pantau Atlet, KONI Magelang Lakukan Tes Fisik Lanjutan

“Tekanan yang dihadapi seorang atlet saat bertanding beregu, jauh berbeda ketika bertanding perorangan. Melalui kategori beregu ini, kami berharap setiap atlet dapat memetik pelajaran penting, yakni memupuk kerja sama tim dan menanggalkan rasa individualis,” imbuh Yoppy.

Legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata menyebut, atlet-atlet yang bertarung di Liga PB Djarum 2020 sebagai kompetitor sejati di gelanggang bulutangkis. Mereka tak mudah dikalahkan dan tak pernah mau mengalah. “Walaupun teman bahkan sangat akrab sekali pun, tapi kalau sudah di lapangan, ditambah ini kategori beregu, mereka gengsi tidak mau kalah,” tutur pebulutangkis yang pernah merajai kancah ganda putra ini.

Di sisi lain, Christian mengapresiasi upaya PB Djarum yang terus membangun atmosfer kejuaraan melalui Liga PB Djarum 2020, di saat pagebluk Covid-19 melanda dunia. “Setelah kejuaraan ini selesai, para pelatih PB Djarum punya pekerjaan rumah untuk membenahi atau meningkatkan atlet-atlet mereka. Ini penting, untuk bersiap diri jika situasinya sudah normal dan jumlah pertandingan beregu maupun perorangan mulai meningkat. Jadi, Liga PB Djarum ini adalah ajang untuk evaluasi sekaligus seleksi bagi para atlet,” imbuhnya.

Baca juga:  Dominasi Hitam yang Elegan, Terinspirasi dari Fashion Grow Modern

Setelah rampung kategori beregu, Liga PB Djarum 2020 memasuki kategori perorangan, mulai Kamis (10/12/2020) hingga Minggu (13/12/2020). Pertandingan dipastikan bakal sengit. Karena, sederet atlet muda berbakat PB Djarum akan berhadapan dengan para seniornya yang sudah memiliki pengalaman lebih tinggi di pelatnas, seperti Nandini Putri Arumni.

Selain itu, ada pula atlet pelatnas PBSI pratama, diantaranya Bobby Setiabudi, Syabda Perkasa Belawa, Muh. Asqar Harianto pada sektor tunggal putra, dan Komang Ayu Cahya Dewi dan Bilqis Prasista di sektor tunggal putri. Muhammad Rayhan Nur Fadillah, Rahmat Hidayat, Asghar Herfanda, dan Rian Cannavaro pada sektor ganda putra, lalu Febi Setianingrum, Kelly Larissa dan Febby Valencia Dwijayanti Gani di sektor ganda putri.

Karena digelar tanpa penonton, pencinta bulutangkis dapat menyaksikan jalannya pertandingan Liga PB Djarum 2020 melalui live streaming di kanal YouTube PB Djarum, Facebook PB Djarum, dan Kaskus TV, pada pukul 09.00 WIB – selesai untuk sesi 1 dan pukul 14.00 WIB – selesai untuk sesi 2. (fiq/bis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya