PPLOP Jateng Resmi Rekrut 78 Atlet Baru

535
BPPLOP Jateng saat menggelar seleksi penerimaan 78 atlet PPLOP yang digelar pada awal Maret lalu sebelum pandemi. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jawa Tengah telah menyelesaikan proses seleksi penerimaan atlet tahun 2020. Sebanyak 78 atlet terbaik siap bergabung dan menjalani latihan intensif di PPLOP.

Kepala Balai PPLOP Jateng Dyah Poespitasari menuturkan, proses penerimaan atlet tahun ini tidaklah mudah. Pihaknya sempat mengalami kendala pada perizinan untuk pelaksanaan tes psikologi dan kesehatan karena pandemi korona. Akibatnya proses seleksi tersebut pun sempat tertunda.

Namun seiring dengan terdesaknya waktu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA yang semakin dekat, pihaknya mau tidak mau harus segera menyelesaikan proses seleksi. Agar nasib 312 atlet peserta seleksi tidak lama menunggu hasilnya karena harus mendaftar sekolah. “Pendidikan juga penting. Makanya segera kita umumkan agar yang tidak lolos dapat mengikuti PPDB reguler pada 15 sampai 25 Juni nanti,” ujarnya.

Untuk menyelesaikan proses seleksi tersebut, pihaknya menerapkan skema alternatif. Setelah berkonsultasi dengan pemerintah pusat, para pelaku olahraga dan pelatih. Yakni dengan tidak menyelenggarakan tes kesehatan dan psikologi bagi para atlet peserta seleksi. Karena sesuai kebijakan pemerintah, semua kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang masih tidak diperbolehkan.

Pihaknya akan menggunakan data prestasi dan usia atlet sebagai pengganti untuk dielaborasikan dengan hasil seleksi kecaboran dan hasil tes fisik yang telah dilaksanakan awal Maret lalu. Dan hasilnya bagi atlet yang mendapat nilai tertinggi berhak lolos seleksi atlet PPLOP tahun ini.

“Jadi skema tersebut juga sudah kita diskusikan dengan pakar olahraga. Dan mereka berpendapat tidak masalah. Yang penting dua tes utama sudah terselenggara, dan tes sisanya bisa digantikan dengan data prestasi dan usia atlet,” ujarnya.

Pihaknya meyakinkan skema tersebut menjadi solusi yang terbaik di tengah kondisi yang tidak terduga.

Sementara itu dalam surat pengumuman hasil seleksi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi menginstruksi para atlet yang terpilih untuk melakukan daftar ulang ke Balai PPLOP Jateng.

Hanya saja mekanismenya tidak perlu langsung datang kesana. Namun dapat mengirimkan berkas persyaratan melalui email. Paling lambat Senin (15/6/2020) mendatang.

“Untuk berkas yang dikirim adalah fotokopi akte kelahiran, Surat Keterangan Lulus (SKL)bagi yang dinyatakan lulus SLTP, KTP orang tua atau wali, Kartu keluarga, dan raport. Sementara untuk surat pernyataan bersedia pindah ke Semarang diketahui orang tua dan bermaterai serta surat izin orang tua dilampiri surat dari dinas atau pengkot/pengkab cabor masing-masing harus yang asli,” pungkasnya. (akm/zal/bas)





Tinggalkan Balasan