alexametrics

Latihan Mandiri Diawasi Tim Pelatih Pelatnas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 75 atlet Pelatnas disabilitas Jateng mengikuti program latihan mandiri jarak jauh. Hal tersebut dilakukan setelah mereka terpaksa dipulangkan pada akhir Maret lalu karena pandemi.

Sekretaris NPCI Jateng Priyono menuturkan, saat ini seluruh atlet sudah berada di kampung halaman masing-masing. Mereka tidak diperkenankan kemana-mana guna menghindari persebaran covid. Selain itu para atlet juga diwajibkan latihan mandiri jarak jauh. Dengan menggunakan media daring seperti, WhatsAap, zoom ataupun webex.

“Mereka sudah latihan mandiri jarak jauh sejak 2 Juni lalu. Namun pengawasannya bukan dari kita. Tapi langsung dari pelatnas pusat,” ujarnya.

Terkait latihan mandiri sendiri, sebenarnya para atlet sudah melakukan sejak akhir Maret lalu. Namun masih secara acak dan belum terprogram. Barulah mulai awal Juni lalu ada kejelasan dari pihak Pelatnas.

Baca juga:  Puluhan Kafe Baru Bermunculan di Pantai Sigandu

Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto mengaku, baru dapat menerapkan program latihan yang resmi setelah mendapat kepastian ditundanya berbagai event internasional ke tahun 2021. Seperti Paralympic dan ASEAN Paragames. Pasalnya jika event tersebut tidak ditunda. Pihaknya berencana melakukan latihan terpusat kembali di Solo mulai Agustus mendatang. Namun karena situasi pandemi belum membaik dan semua event diundur, terpaksa pihaknya menerapkan program latihan mandiri jarak jauh tersebut.

“Memang selama ini mereka sudah latihan mandiri. Tapi tanpa arahan. Kalau dibiarkan terus bisa jadi nanti merugikan kondisi atlet saat dipanggil kembali ke Pelatnas terpusat. Maka dari itu mulai 2 Juni kita berikan panduan langsung dari pelatih. Agar jelas program mereka, ” ujarnya.

Baca juga:  Daftar Pemain Indonesia di Denmark Open, Ada Nama Jonatan Christie

Pihaknya melanjutkan dalam progam latihan mandiri jarak jauh tersebut, pelatih akan memberikan menu dan porsi latihan sesuai dengan kebutuhan atlet. Sehingga hasil yang didapat lebih efektif. Nantinya para atlet wajib melaksanakan instruksi yang diberikan. Dan melaporkan hasil latihan mereka setiap harinya melalui media daring yang sudah disebut diatas.

“Kalau rencanya ini akan berlangsung hingga akhir tahun nanti,” tandasnya. (akm/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya