Jonatan dan Ginting Lolos dari Lubang Jarum, Jorji Luar Biasa

273

JawaPos.com-Dua tunggal putra terbaik Indonesia Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting berhasil melaju ke babak kedua Indonesia Open 2019. Hasil ini cukup melegakan. Sebab, baik Jonatan maupun Ginting sejatinya sangat kesulitan untuk melalui hari pertama penuh tekanan di Istora, Senayan, Jakarta, tadi sore (16/7).

Jonatan berhasil mengeliminasi pemain Denmark Rasmus Gemke dalam dua set 21-17 dan 24-22. Peraih emas Asian Games 2018 itu membutuhkan waktu 58 menit untuk menyingkirkan tunggal nomor 24 dunia tersebut.

Sementara itu, Ginting dengan susah payah membekuk pemain muda berusia 22 tahun asal Tiongkok Lu Guangzu dalam rubber set. Tertinggal 22-20 pada set pertama, Ginting bangkit untuk merebut dua set terakhir dengan kemenangan sangat dramatis 23-21 dan 21-18.

”Saya lebih tenang mainnya,” kata Jonatan dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Jonatan memang pantas dipuji karena ketenangannya, terutama pada set kedua. Ketika itu, Gemke sudah berada di ambang keunggulan karena unggul 20-18. Dalam situasi tersebut, Jonatan tetap fokus. Hasilnya, dia bisa menyamakan kedudukan menjadi 20-20.

Situasi menegangkan makin memuncak karena kedua pemain terus menyamakan kedudukan. Mulai dari 21-21 lalu 22-22. Tetapi pada akhirnya, Jonatan mampu memenangkan pertandingan karena berhasil mendulang dua angka beruntun.

”Saya berjuang keras dan lawan memang sedang bagus. Saya juga berusaha terus fokus untuk keluar dari tekanan,” katanya.

Pada babak kedua, unggulan keenam tersebut akan kembali berhadapan dengan pemain asal Denmark yakni Hans-Kristian Vittinghus. Jonatan sangat mewaspadai calon lawannya yang berusia 33 tahun dan otomatis kaya pengalaman itu. ”Pertahanan Vittinghus lebih rapat,” ucapnya.