Lee Chong Wei Legawa Jika Tidak Lolos Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020

126

JawaPos.com – Meski ambisi untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 belum padam, pebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei sudah siap menerima kenyataan jika akhirnya ia tidak bisa lolos kualifikasi. Harus bersaing dengan sederet pemain muda dan menaikkan rankingnya yang merosot setelah absen enam bulan akibat kanker hidung, Chong Wei mengaku akan legawa jika ia tidak bisa terbang ke Tokyo tahun depan.

Untuk diketahui, Chong Wei saat ini masih menjalani proses pemulihan yang diimbangi dengan latihan rutin untuk mengembalikan kondisi fisiknya yang tergerus karena absen setengah tahun dari dunia bulu tangkis. Chong Wei rencananya akan kembali ke lapangan pada bulan April mendatang di Malaysia Terbuka 2019.

Duduk di ranking 30 dunia, Chong Wei tidak hanya harus berjuang melawan musuh-musuh dari negara lain. Ia harus berkompetisi juga dengan dua kompatriotnya, Lee Zii Jia (ranking 28) dan Daren Liew (ranking 29). Aturan Olimpiade sendiri menyebutkan bahwa hanya dua wakil dari tiap negara di tiap sektor yang berhak maju ke Olimpiade.

Mengomentari hal tersebut, Chong Wei mengaku tidak akan jadi masalah jika ia gagal lolos kualifikasi. “Kalau saya tidak bisa main ke Olimpiade 2020, ya tidak apa-apa. Saya sudah empat kali main di Olimpiade sebelumnya, sementara Zii Jia dan Daren belum pernah. Mereka tentu juga mau lolos,” kata Chong Wei seperti dilansir thestar.com.

Menurut Chong Wei, jika publik terus-terusan berharap padanya untuk membawa pulang medali Olimpiade, hal tersebut sama saja dengan mendiskreditkan Zii Jia dan Daren. “Tentu tidak adil kalau berpendapat hanya saya yang bisa bawa pulang medali. Bukan saatnya berpikir seperti itu lagi sekarang,” ujar Chong Wei.

Menurut Chong Wei, dari pengalamannya berlaga di empat Olimpiade terdahulu, peta persaingan di multi event terbesar di dunia itu sama sekali tidak bisa diprediksi karena tekanan yang begitu kuat. Karenanya, Chong Wei yakin bahwa baik Zii Jia maupun Daren punya kesempatan yang sama untuk jadi juara.

“Hal-hal tidak terduga sangat mungkin terjadi. Makanya, pemain-pemain Malaysia selain saya tidak bisa diremehkan,” ujar Chong Wei lagi.

Editor           : Banu Adikara