Datangkan Konsultan Dari Australia

3835

SEMARANG – KONI Jateng mempelatdakan 670 atlet dan 120 pelatih menghadapi babak kualifikasi PON XIX tahun ini. Ke-670 atlet yang masuk pelatda terdiri atas 35 atlet prioritas dan 635 atlet potensial.

Wakil Ketua Umum II KONI Sudarsono menjelaskan, program pelatda sudah disampaikan ke pengprov pengampu cabang olahraga, termasuk kuota atlet dan pelatih berdasarkan verifikasi yang dilakukan KONI. ”Kami sudah sampaikan ke pengprov, dan pekan depan, kami akan mengundang mereka untuk mematangkan program pelatda yang sudah dimulai Januari lalu,” kata Sudarsono di kantor KONI Jateng, Semarang, Jumat (6/3).

Soal penentuan kuota atlet pelatda, dijelaskan dia, bahwa masing-masing pengprov sudah mengajukan daftar atlet yang dianggap layak dipelatdakan. Namun KONI memiliki kebijakan menentukan kuota atlet di mana tiap cabang jumlahnya tak sama.
Pertimbangan kuota berdasarkan pada nomor pertandingan yang akan diikuti termasuk jumlah minimal untuk nomor beregu, jejak prestasi cabang di arena PON/Kejurnas, kondisi organisasinya dan yang jelas anggaran yang tersedia.

”Dalam penentuan kuota ini, tak ada istilah mana cabang yang terbanyak dan terkecil. Bahkan, cabang yang di PON tak bisa meraih medali pun tetap disediakan kuota,” kata ketua harian Pengprov WI dan Pertina itu.

Tujuan diundangnya pengprov, kata dia, selain untuk mengetahui daftar atlet yang diajukan berdasarkan kuota KONI, pihaknya juga ingin mendapatkan gambaran secara riil pelaksanaan pelatda di lapangan.

”Kami ingin memperoleh data, misalnya soal apakah pengprov sudah membentuk panitia pelatda, sistem sentralisasi atau desentralisasi, kendala-kendala yang dialami di lapangan,” imbuhnya.

Ditambahkannya, jika KONI sudah memperoleh informasi menyeluruh dari cabang olahraga, langkah selanjutnya adalah melakukan pendampingan. Terkait persiapan menghadapi Pra-PON dan PON, KONI memberikan kesempatan kepada sejumlah cabang untuk mendatangkan pelatih nasional dan asing. Bahkan, pada April depan, konsultan teknik dari Australia akan didatangkan. (bas/ric)