Fangirling without Worrying

Bermanfaatnya Jasa Concert Accommodator

1199

JADWAL upcoming concert di Indonesia emang seolah nggak ada habisnya! Boyband Asia sampai penyanyi dunia selalu tergiur ’’mampir’’ menghelat konser di negeri ini. And guess what, di balik ramainya konser yang diadakan, ada peluang bisnis loh. Salah satunya adalah jasa concert accommodator. Meski concert accommodator harus siap ribet mengurusi kebutuhan para penonton konser, keuntungan dan keseruannya ternyata dijamin sayang buat dilewatkan! (irm/c14/nrm)

 

Berbisnis sambil Menjalankan Hobi

DCIM100GOPROGOPR8203.

Dyta Nuruliza Gustini – @yoksifangirls_tour

Karena hobi menonton konser EXO, Dyta Nuruliza Gustini berinisiatif membuka jasa concert tour artis idolanya tersebut. Dia sadar banget banyak orang yang kadang masih ragu menonton konser karena nggak punya teman. ’’Aku suka nonton konser EXO dan mikir nonton konser itu emang asyik kalau bareng-bareng. Makanya, aku buka jasa tur konser biar yang sendirian pun bisa dapat barengan,’’ ujar Dyta.

Walau bisnis itu baru berjalan setahun, Dyta bilang bahwa banyak banget keuntungan yang didapatkan. Keuntungan yang paling besar nih, dia otomatis menjalankan pekerjaan yang sesuai sama passion dan hobinya. ’’Sebenarnya aku nggak terlalu melihat usahaku ini sebagai bisnis. Aku melakukannya pure karena hobi dan sekalian bisa dapat teman baru tiap nonton konser,’’ katanya semangat.

Serunya lagi, jasa @yoksifangirls_tour buatan Dyta ternyata nggak cuma mengakomodasi konser EXO di Jakarta loh. Tapi, ada juga paket nonton konser EXO ke Malaysia, Singapura, Jepang, sampai ke Korea Selatan! ’’Aku menyediakan paket tur yang udah include biaya tiket konser, penginapan, breakfast, city tour, transportasi, dan fee tur. Ada juga paket yang udah termasuk sama flight ticket,’’ terang Dyta. Widiih, benar-benar berbisnis sambil menjalankan hobi ya!

 

Bisa Nonton Konser Gratis dari Profit Tur

Jenny – @jennytour.id

Usaha @jennytour.id yang dirintis sejak Maret 2016 nggak cuma membuka paket nonton concert tour EXO, tapi juga artis-artis K-pop lain seperti Wanna One. Keuntungan besar pun dirasakan sang owner, Jenny. Salah satunya adalah bisa nonton konser gratisan! ’’Aku bisa pergi nonton konser di luar negeri tanpa mengeluarkan uang pribadi, tapi cukup dari profit tur. Jadi, aku bisa fangirling-an tanpa nyusahin orang tua deh,’’ ungkap Jenny senang.

Tapi, bisnis concert accommodator ternyata juga memiliki tantangan loh. Bagi Jenny, menghadapi pelanggan yang cerewet adalah challenge yang harus siap dihadapi. Apalagi kalau sang pelanggan nggak puas sama servis yang diberikan. ’’Tantangan dari bisnis ini adalah ketika ada yang nggak puas sama pelayanan kita. Contohnya nih, pelanggan yang protes karena uang makan yang nggak ter-cover. Padahal, sejak awal aku bilang cuma nyediain sarapan,’’ jelas Jenny.

That’s why, Jenny pun sangat berhati-hati dalam memberikan fasilitas. Sebisa-bisanya dia selalu melibatkan pendapat para pelanggan biar servisnya nggak sampai mengecewakan. ’’Pendapat para peserta tur sangat penting. Jadi, sebelum booking akomodasi kayak hotel atau transportasi, saya pastikan untuk berdiskusi dengan mereka,’’ tutur Jenny. Great job!

 

Sediakan Concert Tour dengan Harga Backpacker

Noritha Anggraini – @lakunatour

Berdiri sejak Maret 2017, @lakunatour mengklaim sebagai concert tour termurah dengan mengusung konsep backpacker concert package. Ide tersebut muncul karena banyaknya keluhan concertgoers atas mahalnya biaya nonton konser di luar negeri. ’’Banyak temanku yang mengeluh pengin ikutan concert tour ke luar negeri, tapi biayanya mahal. Akhirnya, aku coba bikin dengan harga backpacker,’’ kata Noritha Anggraini, sang owner.

Selain harga murah, @lakunatour menyediakan jasa concert tour yang beragam. Mulai penyanyi Korea seperti EXO dan Taeyang sampai Western singer kayak Backstreet Boys dan Harry Styles! Uniknya, jasa @lakunatour sengaja dikhususkan buat mengakomodasi konser ke Singapura. Hal itu memberikan tantangan sendiri buat sang owner. ’’Jujur aja, tiket konser-konser di Singapura sering habis dalam belasan menit. Kadang mereka juga nggak menyediakan pembelian offline. Jadi, kekuatan wifi benar-benar diandalkan deh!’’ ujar Nori.

Agar makin memudahkan para pelanggannya, Nori juga punya sistem unik. Yaitu, memperbolehkan pelanggan membayar dengan cara mencicil. Tujuannya, membantu mereka yang ingin menonton konser dengan bujet pas-pasan. ’’Ada beberapa paket tur yang aku perbolehkan menyicil seperti paket tur EXO Planet #4 di Singapura. Aku tahu banyak penggemar EXO yang masih sekolah. Jadi, mereka juga bisa nabung,’’ jelas Nori. Super pengertian deh!