Permainan Kasti Voli Tingkatkan Kemampuan Servis Bawah

224
Abdul Azis, S.Pd.
Abdul Azis, S.Pd.

RADARSEMARANG.ID,  Servis dalam permainan bola voli merupakan sebuah tindakan awal untuk memulai suatu permainan dalam bola voli. Walaupun pada dasarnya pada tindakan ini tidak sekadar untuk memulai sebuah permainan, tapi bisa merupakan serangan awal yang cepat dan mematikan. Terkadang bola yang meluncur cepat ke arah lapangan regu lain tidak bisa dibendung sehingga regu yang melakukan servis bisa mendapat poin atau nilai.

Servis merupakan salah satu teknik dasar dalam permaian bola voli. Setiap peserta didik harus dapat melakukan servis dengan baik dan benar. Servis ada dua macam yaitu servis bawah dan servis atas. Servis yang paling mudah dilakukan bagi pemula adalah servis bawah, sedangkan servis atas biasanya dilakukan untuk tingkat lanjutan.Tetapi tidak semua peserta didik dapat melakukan servis dengan baik dan benar sehingga dapat melewati net. Alasannya adalah karena tidak kuat dan tangannya sakit.

Saya sebagai guru SMP Negeri 3 Gringsing melihat ketidakmampuan peserta didik dalam melakukan servis bawah karena kurangnya motivasi. Perlu adanya motivasi yang dapat meningkatkan keberanian dan kemampuan servis tetapi dalam bentuk permainan yang menyenangkan. Harapannya peserta didik secara tidak sadar telah melakukan gerakan servis dengan sungguh-sungguh sehingga menghasilkan gerakan servis yang keras dan tidak merasakan sakit pada tangan. Hal ini terjadi karena merasa senang sehingga menghilangkan rasa takut dan rasa sakit. Salah satu bentuk permainan yang membuat peserta didik senang adalah permainan kasti voli.

Permainan kasti voli adalah permainan kasti biasa, baik pesertanya, aturan dan lapangan sama seperti permainan kasti. Tetapi bola yang dipakai adalah bukan bola kasti atau bola tenis pada umumnya tetapi yang dipakai adalah bola voli. Cara melakukan permainan ini adalah seperti permainan kasti biasa. Regu dibagi dua, yang satu disebut regu main dan yang satu regu lagi disebut regu jaga. Regu main memukul bola dengan tangan atau di servis bawah dan bola harus jatuh atau berada di dalam area permainan. Pemukul bola atau server harus melakukan servis dengan keras agar menghasilkan jarak yang jauh sehingga dapat menghindari regu jaga yang akan memukulkan bola ke server atau pemain yang servis.

Ada beberapa motivasi yang terjadi ketika server memukul bola atau servis. Pertama, harus melakukan servis bawah sekeras mungkin sehingga mendapatkan jarak yang jauh supaya bola tidak tertangkap regu jaga. Kedua, agar regu yang main akan terus main dan memenangkan permainan. Dari kedua motivasi ini akan menghasilkan perasaan berani dan semangat untuk melakukan pukulan bola atau servis dengan keras. Motivasi yang ketiga adalah perasaan takut kena pukul atau kena lemparan bola. Ketiga motivasi ini membuat peserta didik akan berusaha semaksimal mungkin melakukan gerakan servis dengan keras dan maksimal hingga menghasilkan jarak servis yang jauh.

Dari hasil permaianan kasti voli yang dilakukan, peserta didik dapat mempraktikkan apa yang guru arahkan. Mereka dapat melakukan servis bawah dengan baik dan benar. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa permainan kasti voli dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan servis bawah. Peserta didik juga bisa menghilangkan anggapan jika servis bawah menyebabkan tangan menjadi sakit. (by2/ton)

 

Guru Penjasorkes SMP Negeri 3 Gringsing Batang