Beranda Rubrikasi Untukmu Guruku Kupas Tuntas Program Pkl Jurusan Akuntansi

Kupas Tuntas Program Pkl Jurusan Akuntansi

0
Kupas Tuntas Program Pkl Jurusan Akuntansi
Oleh : Wida Damayanti SPd

RADARSEMARANG.COM – PROGRAM Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan program pembelajaran khas SMK yang diprogramkan secara khusus untuk diselenggarakan di masyarakat. Program PKL disusun bersama antara sekolah dan masyarakat (Institusi Pasangan/Industri) dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi dunia kerja (DU/DI) terhadap upaya pengembangan pendidikan di SMK (Kemdikbud, 2015: 45-46). Program PKL jurusan akuntansi merupakan program pendidikan yang bersifat wajib bagi siswa kelas XI, yang dilaksanakan selama 3-4 bulan dalam rangka menyiapkan peserta didik agar memiliki kesiapan dalam memasuki dunia kerja.

Evaluasi program PKL, pada dasarnya membutuhkan jenis model yang cocok untuk mengevaluasi program kurikulum sekolah yang dilaksanakan di luar kelas. Berdasarkan pertimbangan tersebut, evaluasi dilakukan dengan menggunakan model Stake Countenance yang dikembangkan oleh Robert Stake (2004:376), dengan tahapan evaluasi masukan (anteseden), proses (transaksi) dan dampak (hasil) program.

Pada tahapan masukan dalam Program PKL jurusan akuntansi sebagian besar mengalami kesenjangan antara lain: 1) Kesiapan manajemen PKL masih kurang, perencanaan program belum matang. 2) Kurangnya sosialisasi kepada siswa dan orang tua wali murid tentang Program PKL, menyebabkan siswa kurang memahami program yang akan mereka ikuti sehingga mengakibatkan banyak siswa yang belum tahu tentang tujuan PKL, apa yang mereka cari dan apa yang harus mereka lakukan. 3) Kurangnya pembekalan skill dari guru pengajar dan kurangnya kesadaran dan kemampuan guru untuk menyiapkan materi pembelajaran jarak jauh sehingga siswa belum memiliki bekal yang cukup saat PKL. 4) Kurangnya pembekalan untuk siswa dan guru pembimbing, pembekalan masih belum melibatkan pihak industri sehingga masih belum tepat sasaran

Kinerja peserta didik pada tahapan proses PKL yang belum sesuai harapan industri sangat dipengaruhi oleh kesiapannya sebelum berangkat PKL, juga dipengaruhi oleh peran pembimbing industri. Pendampingan dari pihak industri yang efektif akan berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja peserta didik. Namun sebaliknya, industri yang hanya menggunakan tenaga peserta didik tanpa disertai pemberian pekerjaan/ tugas yang sesuai kompetensi siswa, akan semakin menurunkan kinerja siswa yang pada akhirnya akan menyebabkan tidak efektifnya waktu belajar mereka selama mengikuti Program PKL. Kinerja guru pembimbing selama pelaksanaan PKL pun sangat mempengaruhi kinerja peserta didik. Karena pendampingan siswa dalam proses belajar jarak jauh, sangat diperlukan dalam rangka penyiapan siswa sehingga lebih mengenal budaya kerja industri sesungguhnya. Ketidaktersediaan instrumen bimbingan akan menyulitkan guru pembimbing dalam memantau kinerja peserta didik selama PKL.

Evaluasi dampak memberikan gambaran tentang dampak Program PKL secara keseluruhan sehingga pada akhirnya dapat diberikan penilaian berdasarkan standar yang ada untuk melihat kesiapan kerja siswa setelah melaksanakan PKL.

Keterkaitan dan kesesuaian tahapan masukan, proses dan hasil Program PKL sangat mempengaruhi kualitas kesiapan kerja peserta didik. Program PKL tersebut terbukti berdampak positif terhadap perkembangan peserta didik khususnya kesiapan skill dan attitude kerja.

Program PKL di jurusan akuntansi merupakan program wajib yang dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi siswa SMK, walaupun implementasinya masih mengalami beberapa kendala antara lain, belum adanya sistem perencanaan manajemen PKL yang baik, pengelolaan PKL yang masih bersifat konvensional dan belum adanya evaluasi kerja dalam penyelenggaraan PKL. (*/ida)

*) Guru Akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.