Beranda Rubrikasi Sosok Ajarkan Anak Cinta Lingkungan

Ajarkan Anak Cinta Lingkungan

0
Ajarkan Anak Cinta Lingkungan
Mona Tirta Nugraini. (ISTIMEWA )

RADARSEMARANG.ID, ADA banyak cara untuk mengajak anak-anak peduli lingkungan. Salah satunya, seperti yang dilakukan Mona Tirta Nugraini. Ia memulainya dengan mengajarkan anak-anak peduli terhadap tanamannya sendiri.

Tanaman ini ia berikan kepada anak-anak saat mengikuti kegiatan belajar bersama komunitas Taman Belajar Sobat Kecil di taman-taman Semarang. Kepada anak-anak, ia meminta untuk merawatnya. Menyiramnya setiap pagi sebelum sekolah dan saat sore hari.

”Saya prihatin dengan kondisi lingkungan saat ini. Banyak yang nggak peduli kepada tanaman dan lebih cenderung ke gadget. Di sini saya mengajak anak-anak untuk mencintai lingkungan sejak dini,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Tanaman-tanaman yang diberikan pun dia beli dengan merogoh koceknya sendiri. Agar tidak terlalu membebani kantongnya, ia juga membibit tanaman yang akan diberikan kepada anak-anak.

”Kalau beli, biasanya di Jalan Soekarno-Hatta. Kalau saat ini sedang mbibit biji kamboja dan biji matahari,” ujar perempuan yang sudah melakukan upaya ini selama setahun lebih.

Setiap pertemuan belajar mengajar dengan anak-anak, sedikitnya ada sekitar 20-an tanaman yang ia bagikan. Ia tidak memaksa setiap anak membawa pulang tanaman untuk dirawat. Begitu pula, kepada anak yang ingin membawa 2 atau 3 tanaman, ia pun mempersilakan. Dengan senang hati.

”Kalau mereka tergerak sendiri untuk membawa pulang, maka mereka akan memiliki tanggung jawab dan kesadaran untuk merawatnya,” ujar mahasiswi manajemen di salah satu kampus di Semarang ini.

Dengan aksinya ini, ia berharap bisa menumbuhkan rasa cinta lingkungan kepada anak-anak. Dengan demikian, para penerus generasi ini dapat peduli dan memperlakukan lingkungan dengan sebagaimana mestinya. ”Dibiasakan dulu dari hal kecil. Semoga bisa menjadi peduli terhadap lingkungan ke depannya,” ujarnya. (sga/ida)