Mandiri dari Menggambar

286
Doca Vestalia. (DOK)
Doca Vestalia. (DOK)

RADARSEMARANG.ID, Doca Vestalia memiliki banyak pesona dan talenta. Tak hanya cantik, ia juga dianugerahi bakat seni yang luar biasa dari Sang Pencipta. Dari bakat menggambar yang menghasilkan pundi-pundi rupiah hingga bakat lain seperti jago nyanyi dan bermain alat musik.

Menggambar karikatur dipilih Doca sebagai bakat dan juga bisnis yang ditekuni hingga sekarang. Berawal dari hobi menggambarnya, cewek pecinta kucing ini memulai bisnisnya sejak 2012. Kala itu, Doca masih duduk di bangku kelas 2 SMA. “Waktu itu bingung banget untuk menentukan harga. Aku bilang seikhlasnya aja. Gambar pertamaku dihargai Rp 40 ribu untuk dua gambar wajah di kertas A3,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Namun, lambat laun, dari mulut ke mulut pesanan gambar semakin meningkat.Ia pun sudah mulai berani mematok harga sesuai skill yang dimiliki. Mulai 2014, dara asli Semarang ini mulai menggambar menggunakan cat air. Ia juga sudah merambah ke digital art dan sempat pula berkolaborasi membuat webtoon berjudul LEMON & JANE.

Memulai bisnis tentu tidak mudah. Ia pernah sempat ditipu oleh salah satu pelanggannya. “Ya, orangnya nggak bayar. Padahal sudah dibikinkan dua gambar,” ujarnya.

Kala itu, cewek yang masih single ini hanya bermodal kepercayaan pada pelanggan. Namun, dengan kejadian seperti itu, ia menerapkan sistem fullpayment di awal, baru ia mulai menggambar.

Menurut alumnus DKV Udinus ini, bisnis menggambar itu menjanjikan. “Jangan takut untuk masuk DKV ya. Kuliah cuma nggambar-nggambar. Eh, jangan salah, justru sekarang ini banyak yang butuh orang kreatif dan orang seni itu bisa langsung kerja sebelum lulus kuliah lho,” jelasnya.