Mellyna Nur Rochmah Tekuni Tarung Derajat

174
Mellyna Nur Rochmah (DOKUMEN PRIBADI)
Mellyna Nur Rochmah (DOKUMEN PRIBADI)

RADARSEMARANG.ID, Mellyna Nur Rochmah telah mengoleksi berbagai medali kejuaraan beladiri, salah satunya medali perak pada cabang olahraga Tarung Derajat Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Provinsi Jawa Tengah 2019. Sebelum terjun di cabor ini, gadis 19 tahun ini menekuni seni tari. Ia pernah bergabung di sanggar menari. Namun karena alasan “terlalu cewek,” ia pun mencoba bergabung di olahraga beladiri.

“Saya kali pertama bergabung pada bela diri karate setelah lulus SD,”ujar gadis kelahiran Salatiga, 1 Januari 2000 ini.

Tak butuh waktu lama, saat kelas VII SMP, ia sudah mewakili sekolahnya mengikuti kejuaraan karate. Awalnya, ia sempat merasa takut harus bertarung dengan orang lain. Namun berkat dukungan pelatih, orang tua dan orang-orang terdekatnya, ditambah modal nekat, membuat dirinya berani untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

“Akhirnya nekat ikut aja,”ucap putri pasangan Supat dan Purwanti ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Salah satu prestasi yang membanggakan bagi Mellyna adalah saat menjadi juara I Kejuaraan POMRAYON Tarung Bebas Putri kelas 58-61 Kg. Di situ ia sangat bersyukur dengan raihan menduduki puncak tertinggi kejuaraan yang membuat dirinya sejenak berpikir bahwa usahanya selama ini tidak sia-sia.

Mahasiswi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) ini mengaku kini sudah tak lagi takut ketika menghadapi kejuaraan-kejuaraan beladiri. “Sekarang sih udah biasa ya Mas, soalnya mungkin jam terbang juga berpengaruh. Semakin sering ikut, semakin terbiasa,” ujar alumni SMK PGRI 1 Salatiga ini.

Mellyna membagikan tips dan trik untuk menjadi seorang petarung yang hebat. Pertama, perlu adanya percaya diri yang tinggi dan keyakinan bahwa kita dapat mengalahkan lawan. Kedua, kita jangan pernah sedikitpun meremehkan lawan. “Karena ketika kita meremehkan lawan, justru performa kita akan menurun,”katanya. Terakhir, lanjut dia, anggaplah setiap permainan itu final. “Maka dengan begitu kita akan fokus dan serius ketika bertanding,” ujar pemilik akun Instagram @mellynanr ini. (mg1/aro)