Rambut Rontok, Terbaring Tak Berdaya

Derita Ossy Mardhianti Utami, Siswi SMPN 1 Kendal yang Divonis Kanker Tulang

1145
KASIH SAYANG AYAH: Sutomo penuh kasih sayang merawat putrinya, Ossy Mardhianti Utami, yang menderita kanker tulang. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KASIH SAYANG AYAH: Sutomo penuh kasih sayang merawat putrinya, Ossy Mardhianti Utami, yang menderita kanker tulang. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – Nasib memilukan dialami Ossy Mardhianti Utami. Siswi SMP Negeri 1 Kendal itu sudah 8 bulan ini terbaring lemah di tempat tidur sederhana di rumahnya. Warga Tunggulrejo RT 02 RW 01, Kecamatan Patebon, Kendal ini  divonis mengidap kanker tulang.

BUDI SETYAWAN, Kendal

WAJAH ceria Ossy Mardhianti Utami sudah tidak tampak lagi. Tubuhnya kini tinggal tulang dibalut kulit. Setiap hari Ossy hanya bisa berbaring lemah. Bocah 14 tahun ini sudah tak mampu melakukan aktivitas apapun. Penyakit ganas telah menggerogoti tubuhnya hingga tidak ada daging tersisa di bawah kulitnya. Parasnya yang cantik dengan rambut panjang yang terurai, kini tidak tampak lagi. Tidak sehelaipun rambutnya tersisa. Kemoterapi atas penyakit yang dideritanya, membuat rambutnya rontok.

Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi keluarganya yang kurang mampu. Ossy hanya menempati rumah berdinding kayu dan anyaman bambu bersama ayahnya Sutomo.  Ayahnya tidak memiliki pekerjaan tetap. Ia hanya seorang buruh serabutan. Sedangkan ibu Ossy, telah lama bercerai dengan Sutomo. Kini, sang ibu bekerja di luar negeri sebagai tenaga kerja wanita (TKW).

“Jadi, sehari-hari saya sendiri yang bekerja dan merawat Ossy,” kata Sutomo, Rabu (4/4).

Dengan sabar, Sutomo merawat anak gadisnya itu. Ia berusaha bisa merawat layaknya seorang ibu yang mengasuh anaknya. Mulai dari membersihkan badan, menyuapi, membersihkan kotoran, dan sebagainya.

“Setiap hari memang seperti ini, Ossy sudah 8 bulan hanya tergolek di tempat tidur. Jangankan berangkat sekolah, untuk beraktivitas sehari-hari sudah tidak bisa, termasuk untuk makan dan minum saya yang menyuapi,” ujarnya.