Beranda Rubrikasi Feature Kampanye Cinta Lingkungan

Kampanye Cinta Lingkungan

0

KECINTAANNYA terhadap lingkungan menjadi alasan dasar Bintang Septiarani bergabung dengan Bintari, salah satu lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang lingkungan.
Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) ini juga melibatkan diri dalam kegiatan manajemen kebencanaan dan peringatan dini banjir. Program ini masuk dalam proyek Pemkot Semarang bekerja sama dengan lembaga internasional dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Kota Semarang.
”Melihat kondisi lingkungan sekitar yang sering terjadi bencana, seperti banjir dan tanah longsor, membuat aku prihatin. Selain faktor alam, bencana tersebut juga disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri, seperti merusak lingkungan hijau dan tidak berperilaku tertib dalam membuang sampah. Karena itu, aku ingin berpartisipasi mengubah pola masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan,” terang gadis kelahiran Semarang, 26 September 1990 ini.
Bintang –sapaan akrabnya— saat ini juga tengah disibukkan dengan pendidikan S2-nya. Gadis berhijab ini mengambil kelas internasional di Jurusan Pembangunan Wilayah dan Kota Undip. Kesibukannya di dunia pendidikan juga tidak menyurutkan kegiatan sosialnya di bidang lingkungan. Bahkan alumnus SMA 4 Semarang ini memiliki misi menanamkan rasa cinta lingkungan kepada masyarakat, khususnya anak usia dini. Salah satu sarana untuk mencapai misinya itu adalah menjadi seorang tenaga pendidik.
”Selain cinta lingkungan, aku juga suka dengan anak-anak. Karena cita-citaku ingin menjadi seorang tenaga pendidik. Dari situ aku bisa menanamkan cinta lingkungan kepada anak didikku. Cinta lingkungan memang harus ditanamkan sedini mungkin,” kata gadis yang tinggal di Jalan Potrosari Lapangan No 1b, Srondol Kulon, Banyumanik ini. (zal/aro/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.