alexametrics

Ikatan Cinta H2O

Oleh : Dra Sri Sumiyati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Baru dengar kata kimia terbayang aneka atom, senyawa, unsur, campuran yang susah dilihat kasat mata. Kalaupun bisa lihat, harus lewat mikroskop yang penggunaannya sesuai jadwal lab. Pas baca bukunya atau mengerjakan soal, mulai deh, berimajinasi, untungnya kalau berkaitan sama kimia tingkat imajinasi nggak sampai halu.

Kimia, juga tidak lepas dari tabel periodik. Tabel periodik tidak menyebabkan gangguan kesehatan serupa serangan jantung, gangguan pernafasan atau persendian. Seperti lihat tabel daftar ulang tahun ajaran baru, apalagi mahasiswa baru, meskipun negeri jalur mandiri apalagi swasta.Tapi soal pusing sama sih.

Tabel periodik semakin ke kanan nomor atomnya semakin bertambah, semakin ke bawah, jari-jarinya semakin besar. Karena jumlah elektron tambah banyak, kulitnya bertambah, sehingga jari-jarinya bertambah.

Sama seperti manusia, makin banyak harta, sirkelnya makin luas. Ada arisan dawis, PKK, dharma wanita, pengajian, teman nganter anak sekolah, teman hangout, itu baru arisan. Belum bank, koperasi, ada sirkel keluarga, ada keluarga mertua, keluarga besar, keluarga inti.

Dari tabel itu juga terbaca energi ionisasinya, makin ke bawah makin kecil energi ionisasinya. Bagaimana tidak kecil wong makin ke bawah jari-jari makin besar berarti makin jauh dari atom. Kayak LDR, yang jauh kalah sama yang di depan mata, yang live ketika bicara, yang touchable. Ya tidak semua LDR seperti energi ionisasi tapi rentan karena energi afinitasnya juga kurang.

Nah lhoo.. apaan tu energi afinitas. Energi yang dikeluarkan atom untuk menarik elektron. Jadi makin jauh makin kurang perhatiannya, kalah sama yang lihat setiap saat.

Ada juga yang dinamakan elektronegativitas, kemampuan berkaitan dengan unsur lain. Semakin ke bawah semakin berkurang, semakin ke kanan semakin besar. Itu sebab unsur yang charmed-nya tinggi letaknya di sekitar golongan 8 sampai 13 periode 4 sampai 7. Gampang banget bikin ikatan sama unsur lain.

Cukup dikedipin nempel kayak perangko. Biasanya mereka ini golongan logam. Termasuk tingkat reaktif juga dari atas ke bawah makin berkurang dan dari kiri ke kanan makin bertambah. Ada juga sifat keasaman yang dari atas ke bawah basanya semakin bertambah asamnya berkurang, semakin ke kanan basanya berkurang asamnya meningkat.

Mengingat semua yang ditulis di atas, bukan hal mudah di awal mengenal kimia. Akan dengan sendirinya hafal ketika sering menggunakan. Jadi latihan soal adalah solusi pertama bisa cepat menghafal letak golongan dan periode. Solusi kedua menggunakan peta pikiran. Tidak hanya Dora yang perlu peta, kimia juga, buat peta yang memudahkan untuk mengingat letak.

Netral tidak asam juga tidak basa karena PH sekitaran 7. Bisa memisahkan senyawa lain, contohnya NaCI menjadi Na+ dan CI- juga HCI menjadi H+ dan CI-. Tapi H2O perlu cara khusus untuk bisa dipisahkan. Ikatan cinta H2O kayaknya belum tertandingi sama Aldebaran dan Andin. Yeay.. selamat belajar kimia. (ips2/lis)

Guru SMK Negeri 3 Semarang

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya