alexametrics

Tingkatkan Keterampilan Bermain Sepak Bola dengan Resiprokal

Oleh : Anang Suwito, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam bentuk fisik, mental, serta emosional.

Namun, tidak semua peserta didik mempunyai kemampuan yang sama dalam hal kekuatan fisik mental, serta emosional. Peserta didik yang cukup heterogen, baik peserta didik laki-laki maupun perempuan. Tidak semua peserta didik juga bisa terampil mempraktikkan dalam bermain jenis permainan olahraga misalnya seperti sepak bola.

Karena dalam keterampilan bermain sepak bola membutuhkan beberapa teknik. Adapun teknik yang harus dikuasai oleh peserta didik antara lain teknik mengumpan, teknik mengontrol, teknik menggiring bola dan teknik menembak bola ke gawang. Oleh karena teknik-tenik tersebut sebisa mungkin bisa dilatih supaya trampil dan mendapatkan hasil yang optimal.

Banyaknya model, metode maupun sarana prasarana yang ada tidak akan bermanfaat manakala guru tidak bisa mempergunakan sesuai kebutuhan dengan baik. Setiap model, metode pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Akan tetapi jika kita sebagai guru menganalisis, mengevaluasi terlebih dahulu baik segi materi, ketepatan model yang sesuai, sarana prasarana serta karakteristik peserta didik maka tentu akan diperoleh model yang tepat. Sehingga pemilihan model yang tepat tesebut akan berdampak positif pada pemerolehan capaian hasil belajar praktik peserta didik yang maksimal.

Pada kempatan kali ini, penulis menggunakan model pembelajaran resiprokal untuk pembelajaran di kelas VI, SD Negeri 03 Sengare, Kecamatan talun Kabupaten pekalongan KD 3.1 Menganalisis dan mengkategorikan keterampilan gerak salah satu permainan bola besar.

Menurut Saptono (2013) model pembelajaran resiprokal adalah suatu gaya mengajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik atau siswa untuk memberikan feedback/ umpan balik kepada temannya sendiri. Pada dasarnya, pembelajaran model resiprokal ini guru mencontohkan/memodelkan cara sikap awal, perkenaan kaki dengan bola, sikap akhir atau gerakan lanjutan dan sikap tubuh serta bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi. Sehingga peserta didik tidak akan mengalami kendala pada saat mempraktikkan gerak teknik-teknik permainan sepak bola.

Adapun sintak pembelajarannya guru membimbing peserta didik melakukan pemanasan. Peserta didik dibagi menjadi dalam kelompok-kelompok dalam jumlah yang sama kemudian peserta didik mengamati peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang kompeten tentang keterampilan gerak teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang).

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka. Peserta didik mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar sepak bola yang belum dipahami.

Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar keterampilan gerak permainan sepakbola serta menyusun rencana perbaikan. Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan latihan teknik dasar sepak bola dengan baik dan benar. Peserta didik dinilai keaktifan dan kerjasama kelompok dalam melakukan latihan teknik dasar sepak bola.

Selama pembelajaran berlangsung guru harus selalu memberikan penguatan-penguatan terhadap perilaku belajar yang positif yang ditunjukkan siswa, misal dengan memberikan pujian-pujian.

Sehingga dengan diterapkannya model pembelajaran resiprokal akan dapat membekali peserta didik dalam berlatih melakukan gerak teknik pada jenis cabang sepak bola dengan benar. Peserta didik yang sungguh-sungguh dalam bermain sepak bola dengan teknik yang benar pula. Maka tidak menutup kemungkinan peserta didik dapat melanjutkan pada klub sepak bola untuk meningkatkan kemampuannya. (pg3/ton)

Guru Penjasorkes SD Negeri 03 Sengare, Kec. Talun, Kab. Pekalongan

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya