alexametrics


Mudah Pahami Operasi Bilangan Bulat dengan Media Papan dan Kartu Bilangan

Oleh : Mar’atul Wakhidah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semenjak diberlakukannya masa darurat Covid-19 pada 16 Maret 2020, hampir seluruh sekolah di Indonesia terutama di Semarang mengambil kebijakan untuk pembelajaran via daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Penerapan pembelajaran daring ini tentu menuntut kesiapan berbagai pihak, baik dari sekolah, pemangku jabatan, dan peserta didik sendiri. Pembelajaran daring dapat dilaksanakan menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LSM). Misalnya menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet, dan lain-lain.

Selama pandemi pembelajaran di SD Negeri Plalangan 01 kelas VI dilakukan secara daring. Pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi melalui online yang menggunakan jaringan internet.

Kendala yang penulis alami terutama pada pembelajaran matematika. Yaitu tentang operasi hitung bilangan bulat. Pada awalnya penulis hanya memberikan materi dengan mengirimkan link video dan penjelasan lewat Google meet. Namun setelah diberi soal latihan beberapa kali masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM.

Kemudian penulis mencoba membuat media berupa papan operasi hitung bilangan bulat dan kartu bilangan. Papan itu berisi paku-paku untuk meletakkan kartu positif (+) dan kartu negatif (-). Pada papan tersebut ada kotak besar untuk menyimpan kartunya.Kemudian siswa dijelaskan langkah-langkah penggunaannya.

Yaitu dengan diberi contoh soal di papan tersebut. Misal ada soal 2 + (-5), berapa hasilnya, bisa dengan cara ambil kartu positif sebanyak 2 kita letakkan di paku yang ada pada papan. Kemudian ambil lagi kartu yang negatif sebanyak 5, kita letakkan di bawah paku positif.

Setelah itu kita jelaskan, jika ada kartu yang berpasangan antara positif dan negatif berarti bernilai nol (0). Jadi untuk soal 2 + (-5) ada kartu yang berpasangan sebanyak dua, berarti yang tersisa tinggal kartu negatif sebanyak 3. Jadi hasil operasi hitung 2 + (-5) adalah -3.

Dengan media papan tersebut ternyata anak-anak lebih mudah memahaminya.Terbukti setelah di beri soal latihan lagi, nilai anak-anak sudah mencapai di atas kkm semua.

Menurut Rostina Sundayana (2015 : 4), media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi baik visual maupun verbal. Pendapat lain disampaikan Association Of Education and Communication Technology (dalam Rostina Sundayana, 2015 : 4) bahwa media membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran, maka media itu disebut dengan media pembelajaran.

Maka, dapat disimpulkan bahwa media adalah alat atau perantara untuk menyampaikan informasi agar lebih mudah diterima oleh penerima informasi. Sedangkan media pembelajaran adalah alat atau perantara yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran agar lebih mudah diterima oleh siswa. Media sebagai alat dalam pembelajaran tersebut kemudian disebut alat peraga.

Menurut Ali (dalam Rostina Sundayana, 2015 :7) alat peraga adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyatakan pesan merangsang pikiran, perasaan perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Menurut Ruseffendi (dalam Rostina Sundayana, 2015 :7) alat peraga dalam matematika adalah alat yang menerangkan atau mewujudkan konsep matematika.

Menurut Pramudjono (dalam Rostina Sundayana, 2015 :7) alat peraga matematika adalah benda konkret yang dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja digunakan untuk membantu menanam atau mengembangkan konsep matematika. Jadi, dapat disimpulkan bahwa alat peraga adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam membantu guru menyampaiakan materi pembelajaran kepada siswa pada umumnya dan secara lebih khusus konsep pada materi matematika yang abstrak. (unw1/lis)

Guru SD Negeri Plalangan 01

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya