alexametrics


Bermain sambil Mendeskripsikan Objek yang Berkesan

Oleh : Harliana Mike Rusfita, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan, dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya (Henry Guntur Tarigan, 1994). Teks deskripsi merupakan salah satu materi dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII semester I.

Dengan materi teks deskripsi diharapkan siswa mampu mendeskripsikan atau menggambarkan suatu objek (benda, lingkungan sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan lain-lain) dengan cara menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan teks deskripsi untuk menyampaikan beberapa hal. Misalnya, kita menceritakan kucing kesayangan kita, kita akan menggambarkan ciri khusus kucing yang kita miliki.

Misalnya, warna bulunya, warna matanya, bentuk ekornya, dan kebiasaannya, dan lain-lain. Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk teks deskripsi. Namun, pada kenyataannya, siswa kelas 7 mengalami kesulitan untuk memulai atau mengawali dalam membuat kalimat deskripsi bila diberi tugas untuk membuat teks deskripsi.

Untuk mempermudah pemahaman tentang teks deskripsi bagi siswa SMP Negeri 1 Ambarawa agar tidak mengalami kesulitan dalam menulis teks deskripsi, kita juga harus menjelaskan apa itu tujuan teks deskripsi.

Agar siswa mempunyai gambaran yang nyata, kita giring siswa dengan pemahaman tujuan teks deskripsi yaitu agar pembaca seakan-akan memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulis sehingga seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan, dan mengalami sendiri objek tersebut.

Masa sekarang, kita, juga anak-anak mungkin kurang maksimal dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), karena tidak sepenuhnya tatap muka. Pembelajaran saat ini masih menggunakan blended learning (luring dan daring).

Pada saat luring, setelah saya menyampaikan penjelasan tentang pengertian dan tujuan teks deskripsi, saya mencoba mendeskripsikan objek secara sederhana di kelas. Saya menyuruh anak-anak untuk mengeluarkan HP yang mereka bawa. Dari sekian banyak HP milik siswa, saya ambil satu HP yang berbeda atau yang mempunyai ciri khusus dari HP yang lainnya.

Saya angkat HP itu, saya tunjukkan ke anak-anak, kemudian saya rangsang anak-anak agar mereka berani mengungkapkan pendapat dengan beberapa pertanyaan yang sudah saya siapkan berkaitan dengan ciri khas HP yang saya tunjukkan tersebut. Akhirnya, satu per satu dari mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.

Setelah terjawab semua pertanyaan-pertanyaan itu, saya sampaikan kepada siswa bahwa mereka telah mampu menyampaikan gambaran atau mendeskripsikan suatu objek secara sederhana, yaitu mendeskripsikan benda (HP) milik temannya. Dari contoh yang sederhana itu, akhirnya anak-anak paham apa yang dimaksud dengan teks deskripsi.

Setelah anak-anak paham apa itu teks deskripsi, kita memberi tugas kepada anak-anak agar mereka berlatih membuat teks deskripsi tentang suatu objek dengan tema bebas, tetapi tetap dengan memperhatikan struktur dan kebahaannya.

Mereka bisa membuat teks deskripsi dengan bermain sambil menggambarkan tentang keadaan dan situasi di sekitar sekolah atau rumah, hewan kesayangannya, atau benda-benda yang mereka miliki.

Bahkan mereka boleh menggambarkan salah satu anggota keluarganya dari sifatnya, fisiknya, juga kebiasaannya yang mereka lihat sehari-hari. Pada saat luring, anak-anak diminta untuk mempresentasikan teks deskripsi yang mereka kerjakan. Teman yang lain memperhatikan dan memberi penilaian.

Dengan membiasakan siswa mendeskripsikan objek yang terdapat di lingkungan sekolah atau rumah mampu membantu dan melatih siswa dalam mengomunikasikan sesuatu hal, juga mampu menyampaikan informasi berupa gambaran objek kepada orang lain. (ra1/ton)

Guru SMP Negeri 1 Ambarawa

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya