alexametrics


Aktivitas Olah Raga Ringan Hilangkan Kejenuhan saat Belajar dari Rumah

Oleh : Firman Widhi Hantoro, S.Pd.

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Setelah adanya wabah Covid-19 di belahan bumi, sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan belajar mengajar.

Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 24 Maret 2020 yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

Dikarenakan pandemi yang belum juga usai kegiatan belajar di rumah diperpanjang sampai akhir tahun pembelajaran.

Kita semua pasti sudah kangen situasi belajar di kelas, tapi belum tahu kita harus belajar dari rumah sampai kapan karena kondisi pandemi di negara kita masih belum usai.

Salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan saat belajar di rumah adalah dengan melakukan aktivitas olah raga ringan.

Salah satu dampak belajar dari rumah adalah kita jadi jarang bergerak. Kalau biasanya kita perlu jalan kaki untuk sampai ke sekolah dan di sekolah juga mesti berjalan ke kantin saat jam istirahat, kegiatan jalan kaki ini jadi jarang dilakukan selama belajar dari rumah.

Padahal dengan melakukan gerakan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berjalan santai bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan mood.

Salah satu cara mengurangi kejenuhan saat belajar di rumah, guru PJOK SDN 02 Krompeng, Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan memberikan arahan pada siswa kelas tinggi untuk melakukan aktivitas olah raga ringan. Seperti jogging, workout ringan, atau yoga. Dengan melakukan aktivitas olahraga, otak kita akan melepaskan dopamin, serotonin, endorfin, dan adrenalin yang bisa membuat kita bahagia.

Jadi, selain meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan saat kita merasa jenuh belajar, kita juga harus bisa meluangkan waktu untuk melakukan olahraga rutin selama belajar dari rumah minimal sehari dalam seminggu. Harapan terbesar dari semua pihak adalah agar pandemi ini segera berakhir. Agar sekolah dapat melaukan pembelajaran tatap muka seperti sebelum adanya wabah covid 19. (gb2/ton)

Guru PJOK SD Negeri 02 Krompeng, KecamatanTalun, Kabupaten Pekalongan.

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya