alexametrics


Project–Based Blended Learning Tumbuhkan Minat Menulis Greeting Card

Oleh: Marsiti,S.Pd

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, SEIRING bertambah canggihnya teknologi akan mempengaruhi metode pembelajaran, Terutama masa pandemi covid-19. Regulasi untuk e-learning dari pemerintah telah diterbitkan sehingga model pembelajaran tatap muka atau bertemu secara langsung berubah menjadi daring (online), pembelajaran seperti ini membutuhkan biaya dan effort dari para siswa yang kuat.

Dari sini saya tertarik dengan model pembelajaran Blended learning. Yaitu perpaduan belajar anatara pembelajaran tatap muka dan daring. Di dalam pembelajaran blended learning saya menemukan sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan dialog antara fasilitator dengan peserta didik.

Menurut Semler (2005) Blended learning combines the best aspects of online learning, structure face to face activities and real world practice. Online learning system, classroom training, and on – the – job experience have major drawbacks by themselves. The blended learning approach uses the strengths of each to counter the others `weakness`.

Bagi pengajar yang bisa memilih salah satu atau perpaduan dari metode-metode pembelajaran blended learning tergantung materi dan penguasaan dalam pembelajaran mata pelajaran terutama mata pelajaran bahasa inggris.

Ada empat skill dalam penguasaan pembelajaran bahasa inggris. Seperti yang diterapkan di SMPN 1 Tersono. Di tingkat SMP baik kelas 7,8, maupun 9. Kelas 8 semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 di mana modul 1 Happy Birthday To You dengan topik Greeting Card. Dan empat skill tersebut adalah membaca (reading),mendengarkan (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing).

Melalui model pembelajaran ini, peserta didik dapat membuat teks khusus greeting card dan mampu menulis atau membuat sebuah greeting card dengan tema ucapan “Ulang tahun”, ”kelulusan”, dan “mendapat kejuaraan”, peserta anak didik dapat memilih salah satu tema. Menulis bukan suatu hal yang mudah bagi peserta didik karena menyangkut banyak fitur yaitu unsur kebahasaan, fungsi sosial struktur teks. Dari situasi dan kondisi tersebut saya memilih model pembelajaran blended learning dengan jenis Project -Based Bended Learning.

Karakteristik utama dalam pembelajaran ini adalah penyusunan sumber daya online untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek. Adapun kegiatan pembelajaran sebagai berikut,diawali dengan pertemuan A. Sinkron (online melalui GC atau WAG) dengan diawali “mengamati penjelasan slide yang diberikan dan beberapa contoh kartu ucapan Showing Happines dan menirukan ungkapan yang terdapat pada kartu ucapan dan tekanan kata yang benar.Langkah yang ke-2 yaitu mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam beberapa teks greeting card “ShowingHappines” dengan mengerjakan latihan yang ditampilkan melalui google form (Lamp1).

Dilanjutkan menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda/mendiskusikan (Lamp1) melalui WAG. Tahap terakhir yaitu menuliskan kembali ungkapan yang sedang dipelajari ke buku catatan dengan table yang dishare melalui WAG. (Lamp2).

Setelah pertemuan A atau A sinkron (online), sekarang pertemuan B yaitu pertemuan secara langsung (Tatap Muka). Pada pertemuan B ini model model pembelajaran dibagi menjadi 3 bagian yaitu sintak 1.Seeking Information (Mencari Informasi),Sintak 2. Acquisition of information (mengolah informasi dari materi yang ada), Sintak 3. Synthesizing of knowledge (mengkontruksi informasi dari materi yang ada).

Saya akan menjelaskan satu-persatu langkah-langkah sintak. Pada sintak 1 seeking information, pada sesi ini langkah yang pertama, peserta didik diminta untuk mengamati video tutorial cara membuat greeting card.

Langkah ke-2, peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,dimulai dengan pertanyaan faktual ke pertanyaan yang bersifat hipotetik dan diakhiri dengan peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan dengan bimbingan guru. Sintak 2. Acquisition of information (mengolah informasi dari materi yang ada).

Pada sesi ini peserta dengan kelompoknya mendiskusikan dan bekerjasama membuat kartu ucapan sendiri dengan menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dengan memprhatikan fungsi sosial,struktur teks dan fungsi kebahasaan yang tepat dan pada sesi ini juga peserta didik mempersentasikan hasil diskusi kelompok. Sesi ini ditutup dengan peserta didik memberikan apresiasi,melakukan penilaian dan evaluasi dengan bimbingan guru.

Pertemuan Sintak 3. Synthetizing of knowledge (mengkontruksi informasi dari informasi yang ada). Setelah peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok. Maka di sesi ini peserta didik sudah mampu secara mandiri/membuat showing happines greeting card dan mempresentasikan didepan kelas. Kegiatan pada sesi 3 ditutup dengan pengajar memberikan apresiasi, melakukan penyampaian. Setelah itu menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas untuk pertemuan selanjutnya dan diakhiri dengan berdoa dan salam. (ips2/zal)

Guru SMPN 1 Tersono

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya