alexametrics


Modifikasi Metode Pembelajaran Daring PAI BP Materi Amanah dan Jujur

Oleh : Pariyati, S.Ag., M.S.I

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 dilakukan melalui berbagai media komunikasi. Ada dua pendekatan PJJ. Yaitu PJJ dalam jaringan (daring) atau online dan luar jaringan (luring).

PJJ daring memiliki beberapa keunggulan yaitu peserta didik dapat langsung mengikuti proses belajar dari rumah, tidak tergantung guru, tapi dapat belajar untuk melakukan riset sendiri melalui internet.

Dampak dari pembelajaran daring juga akan muncul berbagai permasalahan antara lain tidak semua peserta didik memiliki peralatan yang dibutuhkan. Misal komputer, laptop, gawai.

Jaringan internet yang tidak stabil akan berpengaruh terhadap pembelajaran. Peserta didik merasa jenuh karena tidak bertatap muka langsung. Berbagai persoalan yang melingkupi PJJ menyebabkan guru diharuskan membuat rancangan dan mendesain PJJ daring yang aktif, menyenangkan, ringan dan efektif. Dengan memanfaatkan metode pembelajaran aktif atau media daring yang tepat.

Salah satu metode dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan pada mapel PAI dan BP di SMPN 1 Pegandon pada materi amanah dan jujur sebagai perilaku yang mengandung nilai-nilai di masyarakat. Adapun langkah-langkah pembelajaran dilakukan guru adalah pertama guru membuka pelajaran dengan memberi salam, mengajak berdoa, menyapa peserta didik serta memeriksa kehadiran.

Kedua, guru memotivasi peserta didik agar menjadi anak tangguh menghadapi berbagai masalah yang menimpa. Ketiga, guru menginformasikan topik pembelajaran amanah dan jujur melalui grup WA kelas.

Keempat, guru melakukan ice breaking yang dapat menyemangati peserta didik. Contohnya : “Senam kalimat thayyibah.” Aturan permainan: Guru menampilkan power point yang berisi gerakan tangan dan ucapan kalimah thayyibah, sebagai gerakan pertama kedua tangan diangkat lurus sambil mengucapkan “subhanallah.”

Gerakan kedua kedua tangan diayunkan ke kanan sambil mengucap”wal hamdulillah” gerakan ketiga kedua tangan diayunkan ke kiri sambil mengucap “la haula wa laa quwwata.” Gerakan keempat tangan kanan diayunkan ke kanan dan tangan kiri diayunkan ke kiri membentuk lingkaran sambil mengucap “illa billahil ‘aliyill adhim”.
Peserta didik mengikuti ucapan dan gerakan senam seperti yang ditayangkan guru.

Setelah dirasa cukup, senam boleh dihentikan dan diakhiri ice breaking. Guru menjelaskan fungsi ice breaking “senam kalimat thayyibah” agar peserta didik selalu olahraga dan senantiasa mengingat Allah, Tuhan sang Maha Pencipta (penguatan ini hanya sebagai contoh, dan dapat dikembangkan guru).

Setelah ice breaking selesai langkah ke 5, guru menyampaikan topik tentang amanah dan jujur. Keenam, guru memberikan pertanyaan yang mencakup nilai-nilai sikap amanah dan jujur melalui grup WA kelas.

Ketujuh, pertanyaan untuk amanah, manakah urutan nilai berikut yang dianggap paling penting, penting dan tidak penting dalam mendukung perilaku amanah? Tanggung jawab, tepat janji, transparan (terbuka).

Delapan, pertanyaan untuk jujur, manakah urutan nilai berikut yang dianggap paling penting, penting dan tidak penting dalam mendukung perilaku jujur? Menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaaan sebenarnya, tidak berbohong, tidak memanipulasi informasi, berani mengakui kesalahan.

Setiap peserta didik mengurutkan pertanyaan dari nilai yang dianggap terpenting sampai yang tidak penting dengan cara menuliskan di kertas. Kemudian difoto dan diupload di grup WA kelas atau langsung menulis di grup WA kelas.

Guru dapat memodifikasi dengan berkelompok yang disatukan dalam grup WA kecil untuk berdiskusi mengurutkan pertanyaan dari nilai yang dianggap terpenting sampai tidak penting. Kemudian bandingkan urutan nilai tersebut di grup WA kelas.

Guru memberikan penguatan pentingnya sikap amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari. Teknik penilaian yang digunakan aspek tes pengetahuan melalui google form. Guru melakukan refleksi di akhir pembelajaran, dengan meminta peserta didik memberikan komentar terhadap pembelajaran yang dilakukan. Kemudian bersama-sama menutup pembelajaran dan berdoa.

Dalam pembelajaran jarak jauh selain WA grup guru juga dapat menggunakan media google classroom, zoom maupun media lainnya yang disesuaikan dengan kondisi sekolah dan peserta didik. (ra2/lis)

Guru PAI BP SMPN 1 Pegandon

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya