alexametrics


Tingkatkan Hasil Belajar Koordinat Kartesius dengan Geogebra

Oleh : Atik Mustaghfiroh, S.Pd

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang bertujuan untuk mendidik siswa menjadi manusia yang berfikir logis, rasional serta menduduki peranan penting dalam dunia pendidikan. Karena itu matematika diajarkan di semua jenjang mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah sampai perguruan tinggi.

Tujuan pembelajaran matematika di jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan dunia yang selalu berkembang. Melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efesien, dan efektif.

Di samping itu, siswa diharapkan dapat menerapkan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari sehingga memiliki keterampilan dalam menyelesaikan berbagai persoalan matematika.

Melihat begitu pentingnya peranan matematika dan karena begitu banyak aktivitas yang melibatkan bantuan ilmu matematika, maka hasil belajar matematika di sekolah-sekolah perlu mendapatkan perhatian yang serius. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat.

Disamping itu tak kalah penting adalah peran guru dalam memodifikasi pembelajaran serta minimnya kreativitas guru untuk menciptakan dan menggunakan media pembelajaran matematika.

Media pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Selain itu, media pembelajaran dapat meningkatkan proses belajar siswa dalam pengajaran juga diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.

Hasil belajar pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku seseorang yang mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor setelah mengikuti suatu proses belajar mengajar tertentu. Pendidikan dan pengajaran dikatakan berhasil apabila perubahan-perubahan yang tampak pada siswa merupakan akibat dari proses belajar mengajar yang dialaminya. Yaitu proses yang ditempuhnya melalui program dan kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru dalam proses pengajarannya.

Media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika sangat diperlukan. Sebab pada materi tertentu guru tidak hanya menjelaskan materi secara lisan, maupun secara tulisan. Akan tetapi, perlu bantuan media pembelajaran agar siswa dapat lebih cepat paham materi yang ingin disampaikan kepada siswa. Salah satu program komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika adalah program GeoGebra.

GeoGebra adalah program dinamis yang memiliki fasilitas untuk memvisualisasikan atau mendemonstrasikan konsep-konsep matematika serta sebagai alat bantu untuk mengkostruksikan konsep-konsep matematika. Siswa mampu mengkonstruksikan titik- titik pada GeoGebra dengan mudah tanpa harus menggambar bidang kartesius.

Dalam sub materi sistem koordinat kartesius, akan disampaikan bagaimana cara mengkonstruksikan suatu titik koordinat pada bidang kartesius untuk menentukan tiap titik dalam bidang koordinat kartesius dengan menggunakan dua bilangan yang biasa disebut koordinat x dan koordinat y dari titik tersebut dengan menggunakan media GeoGebra.

Langkah-langkahnya sebagai berikut : klik ikon GeoGebra untuk membuka aplikasi GeoGebra pada komputer atau laptop, setelah gambar ikon GeoGebra diklik maka akan muncul tampilan area kerja GeoGebra setelah tampilan area kerja GeoGebra terbuka maka, konstruksilah sebarang titik lain menggunakan tools New Point.

Lalu pilih input yang berada di new point paling bawah program, kemudian masukan titik koordinat yang ingin kita cari misalnya, A (2,3), B (8,-6) dan C (-1,4). Maka akan langsung tampil kontruksi sistem koordinat. Jadi sangat mudah dalam pemahaman konsep sehingga penggunaan media GeoGebra mempengaruhi hasil belajar matematika siswa dalam materi sistem koordinat kartesius. Penggunaan GeoGebra dapat dipertimbangkan untuk dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika materi sistem koordinat kartesius. (ra2/lis)

Guru Matematika SMPN 1 Kaliwungu

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya