alexametrics


Belajar Number melalui Bingo Game

Oleh : Eny Sri Sulistyowati, S.Pd

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Penguasaan materi pelajaran bahasa Inggris dalam jenjang SMP, merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang dirasa sering menjadi masalah bagi siswa kelas 7 SMPN 3 Kendal.

Keterampilan berbahasa dirasa sulit dalam pembelajaran karena siswa tidak biasa berlatih dalam keseharianya. Mereka sebagian besar belum mendapatkan pembelajaran di sekolah sebelumnya.

Ketika di SMP merasa sulit dan susah dalam pembelajaran bahasa Inggris. Untuk itu guru berusaha menggunakan teknik tertentu untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan pembelajaran bahasa Inggris salah satunya meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa kelas 7 SMP 3 Kendal serta hemat waktu dalam kemampuan berbahasa dan pembelajaran.

Dengan demikian pembelajaran bahasa Inggris perlu dikemas sedemikian rupa sehingga siswa akan merasa senang dan merindukan pelajaran bahasa Inggris.

Pembelajaran yang dikemas dengan games akan selalu menarik bagi siswa. Akan tetapi, perlibatan permainan dalam suatu pembelajaran harus benar-benar dikontrol sehingga akan membuat pembelajaran efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan.Tidak sekadar ramai di kelas. Dengan demikian perlu dirancang pembelajaran yang setiap langkahnya mampu mengantarkan siswa kelas 7 SMP 3 kendal ketujuan pembelajaran dan dikemas dalam bentuk permainan.

Bingo game adalah suatu permainan yang menuntut siswa secara kompetitif menyelesaikan permainan dengan aturan main tertentu. Dalam pembelajaran number, bingo game ini biasa dirancang guru dengan teknik pembelajaran tertentu.

Teknik yang tepat membuat siswa akan termotivasi dan semangat dalam pembelajaran, bahasa Inggris khususnya number. Chang & Cogswall (2008) menuliskan dengan permainan yang tepat guru bisa menghemat waktu dan energi dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini selaras dengan pembelajaran yang disarankan oleh pemerintah Indonesia dalam standar proses yaitu pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan atau PAKEM.

Aktif apabila proses pembelajaran mampu menciptakan suasana yang mendorong siswa aktif bertanya, kreatif adalah guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam. Efektif pada pencapaian kompetensi yang ingin dicapai. Menyenangkan adalah suasana belajar-mengajar dapat menyebabkan siswa perhatian penuh pada belajarnya.

Untuk menggunakan bingo game perlu langkah-langkah dalam pembelajaran yang dirancang. Pertama guru menjelaskan materi number. Kedua guru membuat kartu skor bingo yang memiliki 25 kotak berisi angka acak dan tulisan bingo di bagian atasnya. Ketiga membuat chip 75 kombinasi angka dan huruf yg berbeda.

Keempat pilih pemain menjadi caller. Caller adalah orang yang membacakan mengumumkan kombinasi huruf angka yang akan ditutup chip bingo pada kartu skor para pemain. Seorang caller masih bisa bermain bersama pemain lainnya.

Kelima siswa diminta berkelompok terdiri lima siswa. Kelima siswa tadi mendapat kartu skor dengan tulisan angka yang berbeda dan salah satu merangkap menjadi caller. Caller mengocok chip dan tiap siswa mengambil satu dengan urut dan wajib membacakan angka dengan bahasa Inggris.

Misal 35 dibaca thirty five, jika angka yang disebutkan ada di kartu skor pada siswa maka siswa langsung berteriak ‘bingo” dengan lantang. Setelah itu caller memberi chip pada pemain ,chip ditutupkan pada kartu skor. Keenam siswa yang kartu skornya sudah tertutup chip semua maka siswa tersebut memenangkan game dengan berteriak ‘bingo”.

Teknik permainan bingo game materi number pada pembelajaran bahasa Inggris kelas 7 SMPN 3 Kendal telah dicobakan dengan hasil siswa termotivasi menghafal dan mengucapkan number dalam bahasa Inggris dengan benar daripada menggunakan teknik sebelumnya.Teknik ini yang menyenangkan sehingga seluruh siswa antusias dalam pembelajaran bahasa Inggris. (ipa2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Kendal

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya