alexametrics


Hubungan Olahraga dengan Kesehatan dan Tumbuh Kembang Tubuh

Oleh: Muntiati, S.Pd

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Olahraga dijadikan sebagai sarana untuk merangsang pertumbuhan dan perkem-bangan fungsional fisik, psikologi dan sosial. Gerak merupakan ciri dari adanya kehidupan. Setiap yang hidup pastinya bergerak dan hidup tidak akan berguna jika tidak bisa bergerak. Dengan memelihara gerak memerlukan salah satu cara untuk mempertahankan hidup, dengan meningkatkan kemampuan bergerak dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Selama pandemi Covid-19 olahraga yang digemari adalah bersepeda. Bersepeda memiliki manfaat mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, meminimalisasi risiko diabetes, meningkatkan kesehatan mental. Penulis sebagai guru SMA Negeri 1 Cepu, Kabupaten Blora ingin mengajak siswa untuk melakukan olahraga secara rutin.

Apakah ada hubungan antara olahraga dan kesehatan? Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkap hubungan olahraga dengan kondisi mental. Mereka yang berolahraga beberapa kali seminggu memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada yang tidak berolahraga. Berolahraga membawa manfaat kesehatan dengan mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Jogging adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan stamina. Semua orang dari segala usia dan kalangan dapat melakukan jogging. Maka, jogging termasuk salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan.

Hubungan dan manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan jogging, antara lain: menurunkan berat badan, memperkuat sistem imunitas, baik untuk jantung, meningkatkan sistem pernapasan, menurunkan resistensi insulin, bantu lindungi dari efek negatif stres, membantu atasi depresi, membuat tulang belakang fleksibel seiring bertambah usia, meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, antipenuaan, memperpanjang umur.

Selain itu, jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, kelelahan tidak akan terasa meskipun telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang dilakukan sebelumnya. Manfaat lain yang dirasakan ialah merasa nyaman di otot selama jogging dan setelah melakukan jogging.

Olahraga berikutnya ialah senam aerobik. Selain untuk kebugaran tubuh, manfaat latihan aerobik antara lainnya ialah : menjaga berat badan, Baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan stamina tubuh, mengontrol kadar gula darah, memperkuat daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, Membuat tidur jadi lebih nyenyak. Meningkatkan suasana hati, membuat cara kerja otak jadi lebih maksimal.

Latihan senam aerobik juga bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja organ jantung terutama dalam meningkatkan kedua ventrikel. Bagi lansia, latihan ini akan memperbaiki keadaan fisik mereka dan mencegah agar tidak pelupa. Malas berolahraga dengan alasan kurang memiliki waktu dalam jangka panjang dampaknya cukup buruk, yakni munculnya penyakit yang disebabkan oleh hipokinesia (kurang gerak). Di antaranya, kegemukan, diabetes tipe 2, beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, depresi.

Jika rutin melakukan olahraga, meski dalam waktu yang singkat namun intensif, atau lama tapi dilakukan dengan santai, aktivitas ini bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh.
Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83% orang yang memiliki gangguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan.

Jadi kesimpulannya olahraga sangat erat kaitannya dengan kesehatan, bahkan bisa di katakan bahwa tanpa olahraga kita tidak dapat dikatakan sehat. Sehat merupakan nikmat karunia Allah yang menjadi dasar bagi segala nikmat dan dasar bagi segala kemampuan, karena itu perlu selalu disyukuri. Memelihara dan meningkatkan kesehatan hakikatnya adalah mensyukuri nikmat sehat karunia Allah. cara terpenting, termurah dan fungsional (fisiologis) adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. (ipa/lis)

Guru SMAN 1 Cepu, Kabupaten Blora

Artikel Menarik Lainnya

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya