alexametrics


Seni Budaya dalam Upaya Mewujudkan Generasi Pelajar Pancasila

Oleh : Yohana Natallina Sari, S.Sn

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Pada kondisi seperti sekarang ini penanaman pendidikan karakter menjadi poin penting dalam proses pembelajaran online. Pemerintah telah memberikan kebijakan kurikulum diferensiasi, dimana sekolah dapat menentukan kompetensi – kompetensi apa yang akan dicapai peserta didik dimasa PJJ. Sehingga diharapkan proses pembelajaran jarak jauh tidak menjadi beban bagi peserta didik dan tetap menyenangkan meski tidak bertatap muka secara langsung.

Seni budaya merupakan mata pelajaran dengan berbagai bidang keilmuan yang diajarkan mulai dari seni rupa, seni musik seni tari dan teater. Banyak sekali nilai – nilai karakter yang dapat diwujudkan dalam proses pembelajaran seni budaya. Dalam aspek seni rupa kita belajar tentang kekayaan kriya Indonesia. Bagaimana peserta didik diajak untuk mencintai kekayaan budaya seni kriya dari berbagai penjuru nusantara. Seperti salah satu contohnya karya adalah seni batik. Dengan mengenalkan kepada peserta didik kerajinan batik, maka seni budaya menanamkan karakter cinta tanah air. Ketika peserta didik membuat suatu karya seni batik nilai maka nilak karakter yang muncul adalah kreatif. Peserta didik diajak untuk mempromosikan atau sharing kekayaan kriya ini melalui media – media yang mereka miliki. Memanfaatkan teknologi untuk kemajuan negeri.

Musik memiliki ciri khas tersendiri yang unik. Seni budaya mengenalkan berbagai ragam musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari alat musik yang beragam, melodi yang khas serta lirik yang berbeda – berbeda dari berbagai daerah. Keberagaman ini menjadi identitas bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika. Pada proses pembelajaran peserta didik diajak untuk menyanyikan lagu – lagu dari berbagai daerah, melalui video yang dibuat sendiri oleh guru atau oleh peserta didik. Peserta didik dilatih untuk mandiri dalam proses latihan dan juga meningkatkan rasa kepercayaan diri. Proses evaluasi berupa penampilan yang dilakukan secara online melalui media sosial yang dimiliki peserta didik. Tentu saja aktifitas ini dilakukan untuk melatih kepercayaan diri peserta didik dan juga sikap apresiatif. Peserta didik diajak untuk mengapresiasi diri dan orang lain.

Seni budaya aspek seni tari mengajarkan kepada peserta didik tentang bagaimana semua aspek dalam seni menjadi satu kesatuan. Musik, rupa dan gerak menjadi satu kesatuan yang indah yang dapat dinikmati dalam sebuah pertunjukan seni tari. Saat ini marak tarian – tarian modern yang menggeser tarian – tarian tradisional. Sudah menjadi tugas dan tanggungjawab seorang guru untuk dapat memberikan edukasi kepada peserta didik tentang konten – konten yang positif, yang tidak hanya mengikuti tren tetapi memiliki identitas bangsa. Seni tari memberikan pengajaran kepada siswa bahwa setiap gerakan memiliki makna. Khususnya untuk tari tradisional. Hal ini dimaksudkan untuk membekali peserta didik dengan nilai – nilai karakter. Salah satu profil pelajar Pancasila yang dapat diwujudkan adalah gotong royong. Tari berkelompok salah satunya, tidak hanya sekedar sajian beramai – ramai namun kekompakan itu didapatkan karena adanya kerjasama yang baik dari setiap anggotanya.

Kegiatan atau aktifitas seni teater sebagai perwujudan perilaku manusia yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang melibatkan perasaan dalam memainkan sebuah peran. Kegiatan ini memberikan pembelajaran kepada siswa bahwa kita harus bisa menempatkan diri dan belajar berempati. Dalam kehidupan sehari – hari dapat terwujud dari cara kita berlaku, bertutur kata dan bersikap dengan jujur.

Setiap pengajaran sangat diharapkan mampu menanamkan nilai – nilai karakter bangsa. Keenam profil pelajar Pancasila dapat diwujudkan dengan cara – cara yang disesuaikan dengan jamannya. Seni budaya bukan hanya pelajaran yang disenangi peserta didik, tatapi lebih dari itu bahwa dengan berkarya seni kita dapat belajar bagaimana belajar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, kreatif, ber Kebhinnekaan Global, mandiri serta gotong royong. Mari mulai peduli dengan pendidikan karakter. (bs1/ton)

Guru SMP Negeri 10 Salatiga

Terbaru

Populer

Lainnya

Bangun Keselarasan Kodrati dan Saling Memahami

Nostalgia Bersama Civic Nouva

Bentuk Relawan, Bantu Warga yang Isoman