alexametrics


Microsoft Teams, Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Winarno, S.Pd.

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan merupakan salah satu sendi kehidupan yang terdampak cukup komplek dengan adanya pandemi virus korona (Covid-19). Pada tanggal 17 Maret 2020 Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan surat edaran tentang kebijakan-kebijakan terkait pencegahan virus corona, yang salah satunya adalah muncul kebijakan belajar dari rumah (study from home) yang merupakan rangkaian dari bekerja dari rumah (work from home) dan beribadah dari rumah (pray from home).

SMPN 10 Salatiga dalam menyikapi pembelajaran secara daring atau online menggunakan Microsoft Office 365, yang bisa diakses secara gratis oleh siswa, guru maupun staf di sekolah yang memungkinkan pengajar dan siswa dapat bekerja sama, berkomunikasi dengan mudah dan menarik. Microsoft teams merupakan bagian dari Microsoft Office 365 yang telah dirancang untuk membawa orang dalam hal ini guru dan siswa dapat melakukan percakapan antar muka maupun bersama sama, melakukan panggilan video maupun audio, serta dapat membuat jadwal sesuai yang diinginkan, serta dapat hadir melalui rapat online bersama-sama. Pada awalnya belum semua guru menguasai pembelajaran secara daring, ada yang masih merasa kesulitan. Namun situasi seperti itu segera dapat teratasi setelah sekolah melakukan pelatihan terkait aplikasi yang bakal digunakan dalam pembelajaran dengan siswa yang tidak tatap muka, namun di rumah masing-masing. Demikian halnya yang dialami oleh siswa, mereka harus dipandu oleh walikelas masing masing melalui grup kelas dalam penerapan belajar secara online ini.

Syarat yang harus dimiliki dalam menggunakan fasilitas Microsoft Teams (Ms.Teams) setiap anggota atau peserta, baik guru maupun siswa mempunyai akun google pribadi memiliki handphone atau laptop, serta tersedia kuota internet. Untuk menginstal Aplikasi desktop Microsoft Teams, dilakukan dengan cara : 1) Buka Browser dikomputer /HP android, dan telusuri ke https://teams.Microsoft.com/downloads. Navigasikan ketombol unduh yang berlaku untuk versi Windows, lalu tekan enter. 2) Tekan Alt +N untuk melompat ke pemberitahuan unduhan, lalu tekan Enter untuk memilih Jalankan. Aplikasi Microsoft Teams mulai menginstal. Setelah selesai, jendela masuk Microsoft Teams akan terbuka dan dapat segera memasukkan kredensial untuk masuk. Dalam penerapannnya, misalkan kita menggunakan HP Android karena kebanyakan siswa menggunakan HP, akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan siswa melalui rapat atau meeting,

Tahap pertama: Kita bisa memulai dengan memilih dan menekan aplikasi yang bersimbol Team, kemudian kita pilih dan aktifkan Kalender, selanjutnya kita tekan tanda + (plus), Menuliskan Judul, Memilih saluran (kelas yang kita pilih yang akan kita ajar, menentukan Hari, tanggal, dan jam mulai maupun jam berakhir, menambahkan peserta atu tidak, apabila sudah kita tekan tanda v(centang), Itu berarti agenda pembelajaran sudah terjadwalkan. Tahap kedua: Jadwal yang sudah dibuat kita bagikan ke siswa dengan cara kita pilih simbol Teams, misal kita akan mengajar di kelas 7A, chanel kita arahkan menjadwalkan rapat di 7A, kemudian kita pilih kata “Bagikan Undangan Rapat” berikutnya kita pilih Lambang whats app, dan kita bagikan digrup Whats app kelas 7A, dengan demikian seluruh siswa 7A sudah mendapatkan undangan rapat. Tahap ketiga: Setelah sampai pada jadwal yang ditentukan, maka baik guru maupun siswa tinggal bergabung ke rapat bersama atau pembelajaran dengan cara meng klik link jadwal yang sudah dibuat dan dibagikan digrup whats app. Maka smua peserta baik guru maupun siswa sudah berada dalam rapat teams, dan pembelajaran sudah bisa dilakukan secara onlin, baik video dinyalakan ataupun tidak tergantung kebutuhan.

Demikian cara mudah pembelajaran dengan membuat Microsot Teams dan menggunakannya untuk proses belajar mengajar, tanya jawab interaktif, penugasan, ulangan harian maupun Penilaian semester dan Penilaian Akhir Tahun, dan masih banyak fasilitas yang terdapat pada aplikasi ini. (bs2/ton)

Guru IPS SMPN 10 Salatiga.

Terbaru

Populer

Lainnya